Medical Application System Designer

Medical Application System Designer

Melanjutkan Webinar Nasional Teknik Elektro Universitas Surabaya pada hari ke 2 ini berbeda dengan webinar series hari pertama, di webinar kali ini kita akan berbincang bersama Dosen Elektro Universitas Surabaya dan Dosen Kedokteran Universitas Surabaya dengan Topik: “Mengenal bidang pekerjaan sebagai Medical Application System Designer: Pengembangan Artificial Intelligent, IoT System dan Medical Devices”.  Mengikuti perkembangan teknologi, sekarang teknologi juga mempengaruhi dalam bidang kesehatan dan Biomedical Engineering dibahas lebih dalam di acara Webinar Nasional Teknik Elektro Series berbasis era digital yang diselenggarakan pada Jumat, 9  Desember 2022, pukul 13.00 – 15.30 WIB yang dilaksanakan secara online dan diikuti oleh Siswa/i SMA/SMK yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta Mahasiswa dan Dosen Teknik Elektro UBAYA juga ikut serta dalam webinar. Dalam acara webinar series hari ke 2 ini menghadirkan 2 narasumber, yakni Dosen Teknik Elektro Bapak Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng, Ph.D., serta Dosen Kedokteran dr. Jordan Bakhriansyah, S.p. JP., dan moderator oleh Bapak Ir. Yohanes Gunawan Yusuf, M.MT.

Biomedical Engineering merupakan salah satu dari 3 (tiga) peminatan yang ada di Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya loh reader …. Dan pada acara webinar ini anggota kepanitiaannya dari KSM Teknik Elektro Universitas Surabaya sendiri nih. Dengan topik webinar kali ini yang membuat penasaran peserta dan sangat seru yuk dengan peserta yang sangat aktif bertanya, yuk simak kegiatan kita kali ini.
Medical Application System Designer

Medical Application System Designer

Acara dibuka dengan berdoa oleh MC lalu berlanjut berkenalan dengan Moderator, kemudian Bapak Moderator memperkenalkan Teknik Elektro Universitas Surabaya dan tidak lupa juga memperkenalkan para narasumber, dengan sesi pertama diisi pemaparan materi oleh Bapak Nemuel Daniel Pah. Beliau menjelaskan mengenai peran teknologi dalam dunia kesehatan, Pak Nemuel mulai memperkenalkan Biomedical Engineering, apa saja yang akan dipelajari oleh Mahasiswa Biomedical Engineering dan apa saja bidang Biomedical antara lain seperti Instrumentation, Therapeutic devices, Telemedicine, Surgical, Monitoring, Educations, Laboratory, Analysis, Imaging, Information System, dan juga bagaimana engineering akan berpengaruh sangat besar dalam perkembangan dunia kesehatan. Pak Nemuel memberikan pemaparan mengenai arti “Engineering is the Future of Medicine” bukanlah berarti teknik akan menggantikan dokter melainkan bidang kedokteran akan maju pesat jika didukung oleh Engineering.

Setelah sesi pertama dengan Bapak Nemuel berakhir, berlanjut ke narasumber 2 yaitu Bapak dr. Jordan Bakhriansyah. Di sesi ke 2 ini dr. Jordan mempresentasikan perkembangan dunia kesehatan yang semakin maju dan bagaimana evolusi medical dari dulu hingga sekarang yang dimana evolusi ini juga dipengaruhi oleh berbagai bidang salah satunya adalah engineer. Salah satu keterlibatan engineer dalam mendukung bidang kesehatan adalah perkembangan alat alat kesehatan dengan inovasi inovasi terbaru yang berkembang mengikuti zaman. Dr. Jordan juga menyampaikan, “Medical membutuhkan alat alat yang bisa mendukung kinerjanya, dan sekarang nyaris tidak ada dokter yang bisa bekerja tanpa alat alat dari para engineer”. Ada beberapa pencapaian Biomedical Engineering di tahun 2019 adalah pembuatan alat yang bernama Cardiac Assist Devices, alat ini berguna untuk membantu jantung yang sudah lemah untuk bertahan lebih lama. Wah…. sangat menarik kan readers Biomedical Engineering ini?

Setelah sesi pemaparan materi dari narasumber ke 2 kita, ada sesi yang paling di tunggu oleh para peserta yaitu sesi tanya jawab nih…. Pada sesi ini para peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, ternyata saat sesi ini para peserta sangat aktif bertanya kepada Bapak Nemuel dan juga kepada Bapak dr. Jordan dengan dibantu moderator Bapak Yohanes. Dan selamat untuk 3 Peserta beruntung yang pertanyaanya dipilih oleh panitia menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya. 

Medical Application System Designer

Webinar Series hari ke 2 diakhiri dengan sesi foto bersama dan penutup oleh MC.
Tidak selesai dengan webinar hari ini, akan ada webinar selanjutnya di tanggal 10 Desember 2022 dengan topik yang pastinya bikin kalian penasaran readers….
Biomedical tidak hanya namanya saja yang keren tetapi prospek kerjanya juga sangat menjanjikan nih guys, jadi gimana nih readers kira kira kalian tertarik engga dengan Biomedical Engineering?? Jika ingin mengenal Teknik Elektro Universitas Surabaya lebih dalam dapat menghubungi contact person yang tersedia. Thank you and See you.…

Medical Application System Designer

Contributor: Adinda Seoulita, Biomedical Engineering 2022

×