Mengenal IOT System Designer

Mengenal IOT System Designer

Teknik Elektro Universitas Surabaya bersama alumni Elektro UBAYA menyelenggarakan Webinar Nasional dengan topik: “Mengenal Bidang Pekerjaan IoT System Designer: Apa itu dan Contoh Aplikasi IoT”. Saat ini, kita telah dikelilingi oleh banyak perangkat yang diaktifkan oleh IoT yang terus memancarkan data dan berkomunikasi melalui beberapa perangkat. Berbagai informasi seperti sistem dan contoh penerapannya kali ini dibahas dalam acara Webinar Nasional Teknik Elektro Series berbasis era digital yang diselenggarakan pada Kamis 8 Desember 2022 Pukul 13.00 – 15.30 WIB yang dilaksanakan secara online dan diikuti oleh Siswa/i SMA/SMK yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta mahasiswa, dan beberapa Dosen Teknik Elektro UBAYA juga ikut serta dalam Webinar. Acara ini menghadirkan 2 Narasumber, yakni Bapak Hendi Wicaksono, Ph.D. – Head of Automation Research Group, Teknik Elektro UBAYA, serta alumni Elektro UBAYA 2015, yakni Reinaldo Kurnia, S.T. – CTO PT. MBS & CEO SK Dev Technology.

Kepanitiaan dalam acara ini oleh mahasiswa Teusian sendiri nih readers…
Acara diawali dengan pembukaan MC, sebagai pemandu acara. Kemudian moderator acara mengambil alih peran dengan memperkenalkan kedua Pembicara sebagai Narasumber di bidang IoT, serta memperkenalkan Teknik Elektro UBAYA. Setelah moderator menyampaikan beberapa hal penting tersebut, moderator kemudian mengajak semua peserta untuk mengikuti setiap sesi yang akan dilaksanakan.

Mengenal IOT System Designer

Pada sesi yang pertama, diisi dengan pemaparan materi oleh pembicara yang pertama yakni Bapak Hendi Wicaksono. Dalam pemaparan materinya Pak Hendi mempresentasikan materi dan informasi tentang Aplikasi teknologi Internet of Things (IoT) di bidang Otomasi. Dimana, Pak Hendi Wicaksono akan memberikan gambaran umum tentang bagaimana IoT mencoba untuk merevolusi dunia. Para peserta mendapatkan banyak sekali pengetahuan dalam dunia industri dengan adanya Aplikasi teknologi IoT seperti unsur, monitoring, sensor, data pengolahan, karakteristik dan lain-lain. Beliau juga menjelaskan otomatisasi masih membutuhkan operator manusia selama mesin beroperasi atau membutuhkan bantuan tenaga otot manusia agar mampu bekerja. Otomasi berbasis IoT bermanfaat mengurangi peran manusia dalam hal tersebut. Seperti contoh smart container, yang beliau jelaskan. Intinya para readers bisa mengucapkan selamat tinggal pada era pengoperasian perangkat secara manual. Adapun dalam penjelasannya, Pak Hendi juga membicarakan soal project yang tengah dijalankan oleh mahasiswa Teknik Elektro UBAYA tentang penggunaan IoT ini. Teusian selalu gercep alias gerak cepat jika berbicara soal project berbasis IoT.

Setelah materi dijelaskan, para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Saat kesempatan diberikan, antusias para peserta sangat aktif. Moderator membatasi sebanyak 3 pertanyaan. Sesi tanya jawab antara penanya dan narasumber berlangsung dengan antusias.

Setelah sesi tanya jawab pertama selesai, sesi selanjutnya adalah pemaparan materi oleh pembicara yang kedua yakni Bapak Reinaldo Kurnia. Materi dan informasi yang dipresentasikan Reinaldo, ialah Aplikasi teknologi Internet of Things (IoT) untuk kehidupan manusia saat ini. Dalam pemaparannya, selain menjelaskan aplikasi teknologi IoT yang tidak berbeda dari penjelasan Narasumber 1, Reinaldo juga menjelaskan begitu banyak informasi dan pengetahuan tentang IoT yang sering kita jumpai bahkan digunakan setiap hari. Selain itu beliau juga menyajikan Steps of Designing IoT Product, dan contoh – contoh implementasi IoT sebagai sebuah smart system yang dapat membantu pekerjaan sehari – hari seperti mengendalikan, menghubungan, ataupun bertukar data, yang menjadikan segalanya akan jauh lebih mudah dan cepat. Terdengar canggih sekali bukan???

Reinaldo juga menyampaikan pesan kepada peserta; “ Jangan khawatir belajar IoT, karena di UBAYA kita masing-masing akan diajari oleh dosen-dosen yang kompeten, selain itu peralatannya juga lengkap semua….” Ungkapnya.

Mengenal IOT System Designer

Setelah materi dari pembicara ke-2 dijelaskan, para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Saat kesempatan diberikan, antusias para peserta masih sama aktifnya. Moderator membatasi sebanyak 3 pertanyaan. Selain mengajukan pertanyaan, pada sesi ini peserta tidak hanya mengajukan pertanyaan, melainkan dapat mengajukan ide IoT apa yang ingin peserta dan pembicara bedah. 2 orang peserta yang mengajukan ide terbaik mendapatkan reward berupa uang tunai langsung dari saudara Reinaldo sendiri! Beruntung banget!!

Tidak kalah beruntung, para penanya yang sudah mengajukan pertanyaan nya selama dua sesi sebelumnya juga mendapatkan hadiah loh readers… Panitia akan memilih 3 orang penanya yang terbaik, dan diumumkan secara pada saat itu juga. Sebagai orang yang beruntung, para penanya ini diberi hadiah berupa saldo OVO yang dihadiahkan langsung oleh jurusan Teknik Elektro UBAYA nihh readers…

Mengenal IOT System Designer

Sesi diakhiri dengan acara foto bersama dalam Webinar. Tapi tidak usai disini. Akan ada Webinar Series berikutnya akan diadakan lagi pada tanggal 9 Desember 2022 dengan topik yang tidak kalah menarik. Gimana readers?? Webinar kali ini sangat menarik bukan? Selain banyak mendapatkan pengetahuan tentang IoT, apalagi nih yang paling menarik dari webinarnya menurut kalian? Mau belajar IoT dengan efektif??? Ingat pesan saudara Reinaldo, jangan takut belajar IoT. Di Teknik Elektro UBAYA kalian bakalan belajar IoT secara inovatif dan yang pasti mengasah skills kalian!!! Jika ingin berbincang-bincang atau bertanya seputar Teknik Elektro UBAYA, Kalian dapat menghubungi Contact Person yang tersedia… come on and talk with us, see you guys!!!

Contributor: Elisabet Maya Putri, Biomedical Engineering 2022

×