SMP Cita Hati Belajar PLC

Universitas Surabaya (UBAYA) mendapatkan kunjungan dari SMP Kristen Cita Hati West Surabaya, pada Rabu, 18 Oktober 2022. Siswa-siswi SMP Cita Hati ini mengunjungi Laboratorium Jurusan Teknik Elektro UBAYA baik itu Gedung TB, maupun Gedung TC. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia perkuliahan dan apa saja yang ada di dalamnya, khususnya fasilitas-fasilitas yang dimiliki Teknik Elektro UBAYA. Ditemani oleh beberapa guru pendamping dari SMP Cita Hati, seluruh peserta terlihat begitu antusias dan senang dalam kunjungan ini bertemakan SMP Cita Hati Belajar PLC. 

Kunjungan sekolah seperti ini merupakan kegiatan yang selalu disambut baik oleh Universitas Surabaya dengan tujuan dapat mengenalkan lebih lanjut seperti apa lingkungan kampus. Serta, tujuan dari kunjungan ini tak lain adalah Pihak UBAYA ingin mengenalkan SMP Cita Hati pada sistem PLC (Programmable Logic Controller). Materi PLC diajarkan langsung oleh Dosen Teknik Elektro UBAYA yang ahli di bidangnya yaitu Bapak Agung Prayitno S.T., M.Eng., Ph.D. Sebelum dimulai, acara dibuka secara resmi terlebih dahulu dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya yaitu Bapak Susilo Wibowo S.T., M.Eng.. Barulah siswa-siswi SMP Cita Hati ini diajak untuk Tour Lab

Tour Lab saat siswa/i SMP Cita Hati Belajar PLC

Setelah selesai mengenal apa saja yang ada di Lab Teknik Elektro UBAYA, barulah sesi pembelajaran dimulai. Pak Agung mengajarkan siswa-siswi ini apa itu PLC, tentunya hanya bagian dasar saja yang diajarkan seperti Pneumatic, dan Electropneumatic. Pneumatic dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem penggerak yang menggunakan tekanan udara sebagai tenaga penggeraknya. Pneumatik bekerja dengan udara sebagai tenaga penggeraknya. Yang mana dalam pneumatik, tekanan udara inilah yang berfungsi untuk menggerakkan sebuah silinder kerja. Silinder kerja inilah yang nantinya mengubah tenaga/tekanan udara tersebut menjadi tenaga mekanik (gerakan maju mundur pada silinder). Selain dari penjelasan, siswa-siswi ini juga dipertunjukkan komponen-komponen serta simbol yang digunakan di pneumatic, bahkan diberikan banyak contoh dan simulasi langsung baik dari software maupun kerja nyata pneumatic bekerja. Selanjutnya ialah sesi ishoma karena waktu sudah menunjukkan jam 12 siang.

Setelah sesi ishoma berakhir, Pak Agung kembali melanjutkan pembelajaran dengan materi baru yaitu Electropneumatic. Electropneumatic merupakan suatu sistem operasi otomasi yang mengaplikasikan integrasi rangkaian pneumatik dalam elektro. Perbedaannya berada pada media kontrolnya mempergunakan sinyal listrik. Sama seperti pada sesi sebelumnya, siswa-siswi SMP Cita Hati ini diberikan juga contoh-contoh skema dari rangkaian electropneumatic ini. Banyak juga contoh yang diberikan di materi ini, baik seperti skema 1 silinder maupun 2 silinder. Setelah materi selesai, Pak Agung meminta seluruh peserta untuk mengerjakan latihan soal yang sudah diberikan di Modul Pelatihan, terdapat 2 buah soal yaitu pneumatic dengan 3 silinder, dan electropneumatic dengan 4 silinder.

SMP Cita Hati Belajar PLC

Tak terasa Sesi Pelatihan dan Kunjungan dari SMP Kristen Cita Hati West kali ini sudah hampir berakhir, sebagai bentuk terima kasih atas kerja samanya dari Pihak Teknik Elektro UBAYA dan SMP Cita Hati memberikan sebuah souvenir sebagai kenang-kenangan. Dan sesi diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta, dan pengajar, baik itu siswa-siswi, guru bahkan dosen yang ikut membantu proses belajar mengajar. Menurut kalian para readers, apakah menarik untuk mengadakan kunjungan lagi? Bahkan sampai membuka sesi belajar mengajar? Jika kalian ingin berkunjung atau ingin ikut dalam proses pembelajaran, bisa langsung ke Teknik Elektro Universitas Surabaya, atau dapat menghubungi Contact Person yang tersedia. See you at Electrical Engineering, University of Surabaya!!

×