SMK KHS Mengunjungi Laboratorium

Universitas Surabaya (Ubaya) mendapatkan kunjungan dari SMK Kristen Harapan Sejati pada Rabu, 23 Maret 2022. Siswa-siswi SMK KHS mengunjungi Laboratorium Jurusan Teknik Elektro Ubaya ini masih duduk di kelas 12. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia perkuliahan dan apa saja yang ada di dalamnya, khususnya fasilitas-fasilitas yang dimiliki Teknik Elektro Ubaya. Ditemani oleh beberapa guru pendamping dari SMK Kristen Harapan Sejati, seluruh participant terlihat begitu antusias dan senang dalam kunjungan ini.

SMK KHS Mengunjungi Laboratorium

Kunjungan sekolah seperti ini merupakan kegiatan yang selalu disambut baik oleh Universitas Surabaya dengan tujuan dapat mengenalkan lebih lanjut seperti apa lingkungan kampus. Acara ini dimulai dengan sambutan dari Bapak Eric Wibisono selaku Dekan Fakultas Teknik dan salah satu perwakilan dari SMK Kristen Harapan Sejati. Selanjutnya para siswa-siswi tersebut dibagi menjadi 2 kelompok agar sebagian dapat mengunjungi Laboratorium Teknik Elektro dan sebagian lainnya mengunjungi tempat lain. Hal tersebut dilakukan agar semua tetap melakukan protokol kesehatan sesuai yang ada, serta membuat kelompok agar lebih mudah memperhatikan pada saat presentasi dan demo mengenai Teknik Elektro itu sendiri. Menarik khan SMK KHS mengunjungi Laboratorium Teknik Elektro?

Setelah siswa-siswi tersebut sudah masuk dalam kelompoknya, mereka diajak untuk menggunakan lift agar bisa langsung ke Gedung TC Teknik Elektro. Pertama, mereka dijelaskan mengenai ruangan apa saja yang ada di Gedung TC tersebut. Contohnya seperti Ruangan Laboratorium, dan apa saja alat-alat yang ada disana seperti Osiloskop, Power Supply, Function Generator, dan masih banyak lagi. Setelah itu, mereka diajak ke ruangan selanjutnya yaitu Lab. Energi, dan ruang seminar. Dalam ruang seminar, Bapak Susilo Wibowo S.T., M.Eng. selaku Ketua Prodi Jurusan Teknik Elektro menjelaskan secara singkat mengenai apa itu Teknik Elektro Universitas Surabaya (Ubaya). Selain menjelaskan mengenai apa itu Teknik Elektro, Bapak Susilo Wibowo juga memperlihatkan mengenai kegiatan dan keseruan apa saja yang dilakukan oleh Keluarga Besar Teknik Elektro Universitas Surabaya sebelum pandemi.

Selesai Bapak Susilo memperkenalkan Teknik Elektro, seluruh peserta lanjut berkeliling melewati ruang Rapat. Dimana, saat itu di dalam ruang rapat terdapat salah satu Arm Robot yaitu UR3. Para siswa-siswi SMK dijelaskan serta didemonstrasikan secara singkat mengenai robot tersebut seperti fungsi dan cara kerjanya, oleh salah satu Mahasiswa Teknik Elektro.

Lalu, seluruh peserta melanjutkan mengunjungi Lab. PLC, Lab. Pneumatics, dan Lab. Otomasi Industri. Pada Lab. Pneumatics, salah satu alat yang dijelaskan adalah Pneumatik Festo, siswa-siswi SMK dijelaskan mengenai fungsi dan cara kerja dari alat tersebut dari bagaimana proses perancangannya hingga jalannya alat tersebut. 

Lanjut ke ruang lab berikutnya yang berisi beberapa alat dan mesin, seperti mesin Laser Cutting, dan 3D Print. Keduanya dijelaskan secara singkat serta didemonstrasikan juga oleh salah satu Mahasiswa Teknik Elektro. 

Selanjutnya, seluruh peserta lanjut ke Lab. Telekomunikasi di Gedung TC, yang berisi alat-alat telekomunikasi seperti Fiber Optic, Antena Radio Komunikasi, dan masih banyak lagi. Peserta dijelaskan mengenai alat-alat tersebut secara singkat oleh Ibu Rafina Destiarti Ainul S.ST., M.T. selaku Dosen di Teknik Elektro.

Setelah keluar dari Gedung TC, seluruh peserta diajak ke gedung lain di Teknik Elektro yaitu Gedung TB. Di gedung tersebut, mereka juga dijelaskan mengenai ruangan-ruangan yang ada seperti Robotic Centre, ruang Tugas Akhir, hingga Lab. Jaringan. Dalam Lab. Robotic Centre, Bapak Susilo Wibowo S.T., M.Eng. menjelaskan mengenai apa saja robot yang telah berhasil dibuat dan dikembangkan, serta pencapaian apa saja yang telah diraih oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya.

Berlanjut ke dalam Lab. Jaringan, disana Ibu Rafina Destiarti Ainul S.ST., M.T. juga menjelaskan mengenai alat-alat yang ada disana seperti modul Internet of Things, sampai modul monitoring kesehatan yang telah dibuat oleh Mahasiswa Teknik Elektro sebagai tugas dari salah satu mata kuliah.

Tak terasa, waktu kunjungan bagi peserta kelompok pertama sudah berakhir. Sebelum kembali, dan bertukar dengan kelompok berikutnya, mereka diberikan beberapa pertanyaan pada Live Instagram, siapa yang berhasil menjawab dengan benar maka siswa/siswi tersebut akan mendapat hadiah berupa sejumlah OVO sebagai hadiahnya. 

Setelah itu, seluruh peserta akan kembali turun ditemani oleh beberapa panitia yang bertugas. Selanjutnya barulah siswa-siswi SMK kelompok kedua diajak berkeliling dengan rentetan acara yang sama. Menurut kalian para readers, apakah menarik untuk membuat kunjungan lagi? Jika kalian ingin berkunjung ke Teknik Elektro Universitas Surabaya, dapat menghubungi Contact Person yang tersedia. See you at Electrical Engineering, University of Surabaya!!

×