Proyek Pengantar Teknik Elektro

Proyek Pengantar Teknik Elektro

Mulai 3 Januari 2023 seluruh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS). Selain mengerjakan UAS, mahasiswa Teknik Elektro semester 1 peserta mata kuliah Pengantar Teknik Elektro (PTE) juga harus mengerjakan proyek akhir Proyek Pengantar Teknik Elektro berupa membuat PCB rangkaian elektronika sebagai salah satu poin penilaian. Dimana evaluasinya adalah dengan melihat apakah rangkaian yang sudah disolder dapat berjalan sesuai keinginan atau tidak. Hmm… sesuatu ya… Proyek akhir ini dipresentasikan saat UAS PTE. Rangkaian yang dibuat oleh mahasiswa beragam seperti amplifier, clap switch, piano. Pembuatan PCB juga juga bisa dilakukan dengan pihak ke 3 atau secara manual.  Yuk, pada artikel ini kita simak cara pembuatan PCB secara manual oleh Mahasiswa Teknik Elektro UBAYA.

Proyek Pengantar Teknik Elektro

Mahasiswa dibebaskan untuk membuat PCB secara manual atau menggunakan jasa pihak ke 3. Pada 6 Januari 2023 beberapa mahasiswa Elektro ada yang mencoba untuk membuat/menyablon jalur PCB secara manual, dengan bahan-bahan seperti lotion anti nyamuk, PCB polos, air, gunting/silet, fericlorid, spidol, mika, dan wadah. Untuk jalur yang akan disablon jangan lupa untuk mencerminkan terlebih dahulu jalur tersebut, dapat di lakukan di aplikasi pembuatan layout PCB, lalu jalur dapat dicetak dengan print laser atau bisa dengan print biasa namun harus di fotocopy karena jalur dengan print biasa tidak dapat digunakan.

Terdapat beberapa tahapan, yaitu:

  1. Siapkan PCB yang sudah dipotong sesuai ukuran lalu potong jalur yang sudah di print/fotocopy sesuai ukuran PCB, baliklah kertas dengan posisi jalur yang menempel pada bagian sisi tembaga PCB.
  2. Larutkan lotion anti nyamuk dan air ke dalam wadah, lalu ratakan sedikit demi sedikit ke atas kertas jalur di atas PCB, jangan sampai ada yang menggelembung dan terlalu banyak larutan lotion.
  3. Siapkan mika yang sudah dipotong dengan ukuran yang dilebihkan sedikit dari ukuran PCB. Letakan mika di atas PCB yang sudah diberi larutan lotion lalu gosok pelan-pelan menggunakan koin atau benda yang tumpul sampai sekiranya semua jalur sudah menempel pada sisi tembaga PCB.
  4. Lepaskan mika dan kertas yang sudah digosok di atas PCB tadi, jika masih ada jalur yang putus/menempel pada kertas dapat digosok kembali tetapi jika sudah, dapat dilepas dan ditunggu hingga mengering.
  5. Jika sudah mengering dan ada jalur yang terpotong/ hilang dapat ditebalkan dengan spidol setelah itu bersihkan sisa-sisa kertas dengan air, digosok-gosok secara perlahan jangan sampai jalurnya terkelupas lalu dapat dikeringkan.
  6. Lalu buka fericlorid dan larutkan dengan air secukupnya, lalu masukan PCB ke dalam larutan fericlorid dan tunggu sampai tembaga yang tidak terkena jalur menghilang.
  7. Setelah itu sisihkan PCB, dan celupkan PCB ke air biasa lalu gosok PCB menggunakan amplas atau sabut kawat untuk menghilangkan sisa-sisa spidol yang menutupi jalur.
  8. Lalu keringkan PCB, PCB sudah siap untuk di bor dan disolder.

Perbedaan Pembuatan PCB secara Manual dengan menggunakan Jasa Pembuatan PCB:

Jika ingin membuat PCB menggunakan pihak ke 3 atau jasa akan lebih cepat, jalur setelah jadi akan lebih bagus dan jalur yang digunakan dapat lebih tipis daripada pembuatan secara manual. Karena jika membuat PCB secara manual, ada kemungkinan saat di etching (cuci) dengan fericlorid jalur yang di tutupi oleh spidol/tinta akan hilang/larut ke dalam larutan sehingga jalur akan putus-putus. Dan pengeboran akan lebih pas rapi dengan jasa daripada pengeboran sendiri dengan bor tangan.

Proyek Pengantar Teknik Elektro

Pembuatan PCB dengan cara manual menjadi sebuah pengalaman dan kesenangan tersendiri karena pengalaman dan ilmu yang didapat tidak akan didapat jika membuat dengan bantuan jasa, merasakan pengulangan pembuatan PCB dari awal karena jalur atau salahnya pengeboran menjadi kenangan dalam pembuatan PCB bagi mahasiswa Elektro UBAYA.

Seru banget khan pembuatan PCB itu, pastinya juga beberapa di antara kalian sudah tidak asing lagi dengan pembuatan PCB menggunakan lotion anti nyamuk ini kan? Untuk project UAS ini banyak sekali rangkaian mahasiswa yang dibuat dengan menggunakan komponen through-hole maupun SMD. Masih ingin tau dan bertanya-tanya lebih lanjut atau penasaran bagaimana proyek akhir mata kuliah PTE Teknik Elektro UBAYA? boleh banget loh…

Kalian dapat menghubungi contact person yang tersedia, Thank you guyss and see you……

×