Kuliah Wide Area Network Online Teknik Elektro Ubaya di masa Pandemic COVID

Kuliah WAN Online Teknik Elektro Ubaya

Belum lama ini negeri kita yang tercinta Indonesia ini telah dilanda kesedihan, dimana pandemic Corona Virus Disease 19 atau yang lebih sering disebut Covid-19 atau virus corona telah mewabah di seluruh penjuru negeri. Tentu saja virus ini menjadi kekhawatiran bagi seluruh masyarakat tidak terlepas juga masyarakat Universitas Surabaya, yang turut cemas dan khawatir akan kondisi pandemic ini. Namun tentu saja pandemic ini tidak menghentikan Universitas Surabaya dalam  memberikan pembelajaran kepada para mahasiswanya secara maksimal.

Hal ini tentu terlihat dari diberlakukannya KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar secara daring/online oleh pihak Universitas Surabaya. KBM secara daring ini tentunya bertujuan agar para mahasiswa masih bisa tetap mendapatkan pembelajaran secara efektif sembari menjalankan social distancing. Social distancing sendiri berarti memberikan jarak antar ruang fisik dengan orang-orang unruk menghindari penyebaran dari virus corona ini.

KBM Daring Teknik Elektro Ubaya

Salah satu dosen Teknik Elektro Ubaya yang memberlakukan KBM secara daring adalah Bapak Ir. Yohanes Gunawan Yusuf, M.MT. dimana beliau memberikan pembelajaran mata kuliah Wide Area Network atau WAN. Beliau menggunakan salah satu software online meeting yaitu Zoom. Zoom sendiri merupakan softwarebased conference room dimana zoom menggunakan video/web sebagai media meeting online. Bapak Yohanes memiliki software zoom agar kelas pembelajaran bisa berjalan secara efektif dengan cara tatap muka. KBM secara daring menggunakan zoom juga memudahkan mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi dengan dosen secara nyaman.

Pada kelas WAN Teknik Elektro Ubaya kali ini Bapak Yohanes membahas mengenai Frame Relay, DLCIs (data-link connection identifier), DLCI Mapping to Network Address serta DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan VLAN (Virtual Local Area Network). Terlihat pada kelas beliau para mahasiswa yang mengikuti kelas dapat menerima penjelasan secara mudah, zoom-pun juga menyediakan fitur “share screen” agar para mahasiswa dapat membagikan tampilan layar dari device mereka sehingga memudahkan dalam membahas hal-hal yang membingungkan.

Kelas WAN Teknik Elektro Ubaya menggunakan Zoom
Kelas WAN Teknik Elektro Ubaya menggunakan Zoom

ULS Teknik Elektro Ubaya

Terlepas dari Zoom beberapa dosen juga memilih cara KBM secara daring dengan cara meng-upload video pada salah satu website milik Universitas Surabaya yaitu ULS atau Ubaya Learning Space. Serta memberikan tugas atau quiz melalui ULS agar mahasiswa bisa tetap mengembangkan diri sendiri. Namun hal ini tentu tidak melepas kemungkinan bagi dosen tersebut untuk menggunakan Zoom juga.

Begitu juga dengan pelaksaan Ujian Tengah Semester atau UTS juga dilakukan secara daring. Berbagai macam metode digunakan oleh dosen agar para mahasiswa bisa tetap mendapatkan nilai UTS bisa melalui UTS secara daring menggunakan ULS, online video test menggunakan Zoom, ataupun juga dengan memberikan tugas sebagai nilai UTS. Tentu terasa kurang efektif menjalankan Ujian Tengah Semester seperti ini, namun Universitas Surabaya tetap mengutamakan keselamatan dari para mahasiswanya tanpa melewatkan sisi pendidikan bagi mereka pula. Oleh karena itu Universitas Surabaya juga menghimbau para mahasiswanya untuk tidak bepergian.

Kita sebagai warga Teknik Elektro Ubaya (Universitas Surabaya) juga harus ikut andil dalam pencegahan penyebaran virus corona ini, melalui aksi-aksi yang kita lakukan. Layaknya seperti melaksanakan social distancing, serta melaksanakan kegiatan stay at home atau tidak bepergian ke luar rumah jika tidak ada hal mendesak. Pencegahan lainnya juga melalui kebersihan diri kita seperti menggunakan masker ketika bepergian keluar atau ketika sakit, menggunakan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah sebelum cuci tangan, dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

Mari kita berharap yang terbaik untuk negeri kita Indonesia, agar kita bisa segera melewati pandemic ini dan kembali beraktivitas di Universitas Surabaya.

Contributor: KS, FX

×