Industrial Robotics Automation Class Program

Demonstrasi UR3 milik Teknik Elektro Ubaya - Industrial Robotics Automation

Acara Industrial Robotics Automation Class

Perkembangan dunia industri saat ini semakin terlihat jelas, dengan adanya penggunaan sistem otomasi pada robot industri. Oleh karena itu, Teknik Elektro Universitas Surabaya (Ubaya) dan PT. Handal Yesindo Sejahtera bersama dengan MASPION IT, mengadakan sebuah acara yang memiliki tema Industrial Robotics Automation. Yang diselenggarakan pada Kamis, 2 Desember 2021 bagi seluruh SMK se-Jawa Timur, dan dilaksanakan secara gratis di Atrium 3, Maspion Square, Surabaya, mulai pukul 10.30 WIB. Acara ini dibawakan oleh narasumber terbaik yang telah terjun langsung dalam dunia Otomasi Industri. Dan juga, acara ini dihadiri oleh para guru dan siswa-siswi SMK Negeri maupun Swasta dari seluruh Jawa Timur. Tujuan dari diadakannya acara ini tentunya sebagai media pengenalan mengenai apa itu sistem otomasi, khususnya dalam hal robotika di bidang industri. Dalam acara tersebut, disajikan juga demo robot secara langsung, yang dipakai dalam dunia industri baik industri besar maupun kecil. 

Pada acara ini, Teknik Elektro UBAYA bekerjasama dengan PT. Handal yang profesional dalam dunia otomasi pada robot-robot industri. Dikarenakan, PT. Handal telah berkecimpung dalam dunia ini sejak tahun 2001, dan telah mendukung berbagai jenis industri dengan produk dan pelayanannya yang terbaik. Dan saat ini, PT. Handal telah menjadi salah satu perusahaan terkemuka di bidang Electrical, Robotic, dan Automation System di Indonesia. Beberapa produk yang laris di pasar industri di antaranya lengan robot dari Universal Robotics, serta beberapa perangkat PLC dari Panasonic. Oleh karena itu, Teknik Elektro UBAYA sangat yakin untuk mengajak PT. Handal sebagai rekan untuk menjadi narasumber di acara kali ini.

Acara tersebut dimulai dengan pembukaan perdana dari Bapak Yoko dan Bapak Okky Tri Hutomo selaku Pimpinan dari MASPION IT Surabaya, dimana beliau mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran para tamu. Lalu dilanjutkan oleh Bapak Susilo Wibowo selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya (Ubaya), beliau memulai dengan pengenalan mengenai Program Studi Teknik Elektro di Universitas Surabaya. Lalu dilanjutkan oleh Bapak Setiawan dan Bapak Peter Julian dari PT Handal Yesindo Sejahtera, dengan pengenalan sekilas mengenai PT Handal. Setelah itu, para narasumber mempresentasikan beberapa buah materi mengenai Industrial Robotics Automation. Tahap inilah yang diadakan pada saat sesi pembukaan dan pengenalan berlangsung.

Selanjutnya dari Bapak Susilo Wibowo selaku narasumber pertama, menjelaskan mengenai Industrial Automation yang diberi judul Trend Automation di Era Revolusi Industri 4.0. Dimana Industrial Automation ini bisa terbagi menjadi beberapa jenis seperti Manufacturing dimana penggunaan lengan robot sangat terlihat, lengan robot tersebut terdiri dari beberapa sendi yang berfungsi sebagai sumbu, yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi. Makin banyak sendi rotasi yang dimiliki lengan robot, makin besar kemampuan manuver yang dimilikinya. Selain sambungan putar, elemen lain dari robotic arm atau lengan robot adalah perangkat lunak, pengontrol, sistem penglihatan, sensor, dan aktuator. Manfaat lengan robot sendiri bisa dikaitkan dalam hal produktivitas dan efisiensi kerja, dan juga peningkatan akurasi serta peningkatan keselamatan dalam pekerjaan berat. Selain itu ada juga pembahasan mengenai Warehousing, dimana peralatan angkut atau mesin transportasi barang digunakan di setiap penjuru perindustrian. Fungsi yang dimiliki mesin transportasi ini ialah mudahnya pengiriman atau pemindahan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya secara aman, selain itu juga investasi yang dikeluarkan bisa dikatakan relatif rendah yang juga dapat mempengaruhi biaya operasionalnya.

Lalu sesi materi dilanjutkan oleh Bapak Setiawan dan Bapak Peter Julian, yang membawakan sebuah materi yaitu Industrial Robotics Automation yang diproduksikan langsung oleh Universal Robots. Judul yang dibawakan oleh beliau sangatlah menarik, yaitu ROBOT “Kawan atau Lawan?”. Dimana beliau memulai dengan sejarah dari robot itu sendiri, dan fase revolusi industri. Contoh revolusi industri yang disampaikan ialah mesin tenun pada 1784, lalu jalur produksi rumah jagal pada 1870, hingga terciptanya PLC atau Programmable Logic Controller pada 1969. Lalu beliau juga menjelaskan secara singkat mengenai PLC modern yang sudah terintegrasi dengan dunia maya, dimana robot tersebut mampu dikendalikan dari jarak jauh. Selanjutnya beliau juga mengungkapkan bahwa Revolusi Industri 5.0 akan terjadi sebentar lagi, dimana mesin yang tertanam kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) sudah mampu berkolaborasi dengan manusia. Dimana contoh penerapan yang mulai muncul pada beberapa perusahaan besar adalah seperti Tesla Robots, Apple, Amazon, hingga Alibaba. Sehingga hal ini juga masuk dalam wilayah Indonesia, seperti Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Robot Industri Epson, Robot Palletizing di industri makanan, hingga Arm Robots dari Universal Robots.

Presentasi oleh PT. Handal terkait Demonstrasi UR3 milik Teknik Elektro Ubaya - Industrial Robotics Automation

Setelah itu, beliau juga melanjutkan mengenai pengenalan Epson Robot, yang tentunya dimulai dengan sejarah mengenai jenis robot yang dipakai di dunia industri, contohnya seperti Cartesian Robot, Delta Robot, SCARA Robot, Industrial Arm Robot, hingga Collaborative Robot dengan perbedaan pada masing-masing sumbunya, dan juga mempengaruhi fungsi yang dikerjakan. Lalu dilanjutkan dengan Universal Robots, yang sangat berkembang salah satunya pada 2017. Dimana Universal Robots menjadi pemimpin, pada pasar robot kolaboratif mengalahkan merk robot lainnya. Salah satu hal yang membuat Robot UR ini menjadi pemimpin pasar ialah manfaatnya yang universal, seperti instalasinya sangat fleksibel, yang berbanding terbalik dengan bobotnya yang lumayan ringan. Jika dilihat dari sisi pemrogramannya, bisa dikatakan juga lebih mudah, yang membuat persiapan robot ini menjadi lebih cepat. Robot ini juga memiliki portabilitas yang tinggi, dimana kemudahan untuk dipindah ataupun instal ulang sangat diperhitungkan. Materi inilah yang dibawakan oleh Bapak Setiawan bersama Bapak Peter Julian dari PT. Handal Yesindo Sejahtera.

Trend Robotics di era Industrial Robotics Automation

Setelah itu, Bapak Susilo Wibowo kembali mengisi sesi materi dengan materi mengenai Robotics System yang diberi judul Trend Robotics di Era Revolusi Industri 4.0. Beliau memulai tentunya dengan definisi dari robot itu sendiri, dan bagaimana robot bisa bekerja membantu manusia. Contoh yang paling mudah ditemukan seperti Robot at Home yang membantu pekerjaan dalam rumah, lalu ada juga Transport Machine sebagai alat yang mampu mengirimkan barang, atau paket belanja seperti dari Amazon hingga DHL, sampai ada juga Robot Agriculture yang dikerahkan untuk tujuan pertanian di kebun atau ladang. Selain itu, penggunaan Robotics System ini diterapkan pada sebuah mobil, dimana kendaraan tersebut dinamakan Autonomous Car, dimana mobil ini dikendalikan tanpa pengemudi manusia namun AI (Artificial Intelligence), serta sensor yang mencegah terjadinya tabrakan saat berkendara. Beberapa materi tersebutlah yang disampaikan oleh Bapak Susilo Wibowo dari Universitas Surabaya.

Demonstrasi UR3 milik Teknik Elektro Ubaya - Industrial Robotics Automation

Dalam sesi penyampaian materi, para tamu juga dapat melihat secara langsung simulasi robot bersama dengan para teknisi yang ahli. Dalam demo robot tersebut, dijelaskan cara menggunakan arm robot sebagai salah satu teknologi yang mampu bekerja secara otomatis, tentunya dalam pekerjaan di bidang industri. Dimana, robot dibuatkan dengan sebuah program, dan menciptakan output yang sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Sehingga menjadikan arm robot sebagai media simulasi serta pembelajaran yang sesuai, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, apakah para tamu maupun para pembaca setuju untuk diadakannya kembali Industrial Robotics Automation “Class Program” yang kedua? 

Kontributor: Joko Rinto
Sumber Foto: Susilo Wibowo

×