Elektro UBAYA dan ORARI

Elektro UBAYA dan ORARI

Setelah sekian lama tidak dapat mengadakan Ham Fair ataupun Ham Fest dikarenakan adanya Pandemi Covid-19, dan juga sekaligus untuk memperingati Hari Pahlawan serta mengenang perjuangan para Pahlawan yang telah berjuang demi merebut Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Pada Sabtu & Minggu, 19 – 20 November 2022 kemarin, Teknik Elektro UBAYA dan ORARI Lokal Surabaya menggelar Pahlawan Ham Fair 2022 di Pagoda Tian Ti, Kenpark, Surabaya. Kegiatan Pahlawan Ham Fair 2022 ini memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antara tiap anggota ORARI, karena biasanya hanya bisa bertemu di udara melalui komunikasi radio, namun kini sudah bisa bertemu di darat, dan tatap muka secara langsung.

Elektro UBAYA dan ORARI

Kegiatan ini tentunya dihadiri oleh Ketua Umum ORARI Indonesia, Kepala Dinas Kominfo Surabaya yang mewakili Walikota Surabaya, Ketua ORARI Jawa Timur, Ketua ORARI Lokal Surabaya, hingga anggota ORARI seluruh Indonesia. Yang mana pada kesempatan ini, ORARI Lokal Surabaya bersama dengan Teknik Elektro UBAYA, memperkenalkan “Demo Unit Lomba Antena ala Amatir Radio Indonesia”, di mana diharapkan ke depannya lomba antena hanya menguji kekuatan sinyal antena secara bergantian, tanpa disertai dengan audio modulasi, sehingga tidak terjadi gangguan pada frekuensi ketika lomba dilaksanakan. Demo ini juga sudah dipresentasikan secara langsung di depan Ketua Umum dan pengurus ORARI Pusat yang hadir pada saat itu, dengan tujuan bahwa ke depannya Amatir Radio Indonesia akan lebih baik lagi dan menjadi Trendsetter Amatir Radio Dunia.

Kerjasama antara Elektro UBAYA dan ORARI

Banyak kegiatan perlombaan yang dilakukan di sana, beberapa di antaranya seperti Eyeball QSO dan Fox Hunting (Amateur Radio Direction Finding). Namun, acara tentunya diawali dengan pembukaan secara sah dari para Pimpinan ORARI dan sejajarnya. Selain dari lomba, banyak stand dari ORARI yang ikut memeriahkan acara ini, dengan membuka stand yang berisi alat-alat dari tiap Komunitas Amatir Radio, di antaranya MSAT-ID, HAMRI, YBDXPI, Komunitas Rag Chewing HF 3750 Jatim, eQSO Nasional, Wellracom Surabaya, Radio Homebrew, Komunitas Rag Chewing VHF 562 Surabaya, hingga Lapak Komponen and Spare part Radio, serta Seragam Amatir Radio. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini, seperti bertemu orang baru dengan hobi dan ketertarikan yang sama, ilmu baru mengenai beberapa alat contohnya model-model Spectrum Analyzer, dan SWR Meter, Radio Rig VHF, Dummy Load dan masih banyak lagi.

Menarik bukan acara-acara yang berhasil dilakukan Teknik Elektro UBAYA dan ORARI? Apakah kalian juga mau melakukan kolaborasi bersama? Atau mungkin kalian para readers memiliki ide acara yang sebaiknya dilakukan oleh Teknik Elektro UBAYA? Jika kalian berminat bekerja sama ataupun ingin mengenal Teknik Elektro UBAYA, kalian bisa menghubungi Contact Person yang tersedia, see you~

×