Visi dan Misi

Visi Program Studi Teknik Elektro Ubaya

“To be recognized as an excellent Electronic Engineering Program”

Menjadi program studi Teknik Elektro yang unggul dan mendapat pengakuan masyarakat

Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya memilih untuk unggul di dua bidang spesifik yaitu Otomasi Industri & Robotika dan Teknologi Komunikasi & Informasi.  Kedua bidang spesifik itu diimplementasikan ke dalam 2 bidang peminatan yaitu: Industrial Robotic Design dan Telecommunication Network Design.  Untuk mencapai prodi yang unggul, Prodi telah merumuskan profil lulusan dan capaian pembelajaran prodi (CPP), mengawal pelaksanaan pembelajaran (kurikulum, dosen, mahasiswa dan suasana akademik, fasilitas dan tanggung jawab insitusi), melakukan evaluasi capaian pembelajaran dan melakukan perbaikan berkesinambungan. 

Kurikulum Teknik Elektro Ubaya Berbasis Outcome

Kurikulum Teknik Elektro Universitas Surabaya Tahun 2015 yang berbasis outcome disusun berdasarkan semua CPP yang dirancang tersebut.  Struktur mata kuliah menunjukkan benang merah bagaimana setiap CPP dibentuk dari beberapa capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK). Untuk mengoptimalkan capaian pembelajaran prodi, prodi telah merancang tahapan evaluasi CPP mulai dari tingkat mata kuliah, kerja praktek, tugas akhir, komprehensif dan student exit survey.  Hasil setiap tahapan CPP dianalisa, direfleksikan akar masalah ketidaktercapaiannya dan dirumuskan rencana perbaikan ke depan. Dengan proses ini diharapkan setiap lulusan memiliki CPP yang telah ditetapkan.

Misi Program Studi Teknik Elektro Ubaya

Program studi Teknik Elektro Universitas Surabaya memiliki misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan manusia yang bermartabat, rasional ilmiah, berwawasan global, kemajuan, kemanusiaan di bidang otomasi industri dan teknologi komunikasi.
  2. Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang otomasi industri dan teknologi komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pengembangan pada Hardskill dan Softskill
Pengembangan ilmu dan teknologi di bidang otomasi industri dan teknologi komunikasi (misi no 2) merupakan wujud nyata prodi dalam mengejar keunggulan hardskill dari lulusan (rumusan visi). Namun demikian Prodi Teknik Elektro Ubaya tidak hanya mengejar keunggulan hardskill saja tetapi juga membangun keunggulan softskill dengan pengembangan karakter mahasiswa sebagai manusia yang bermartabat, berpikir rasional ilmiah dan berwawasan global untuk kepentingan kemajuan dan kemanusian dalam mengembangkan ilmu dan teknologi (misi no 1).  Pepaduan antara keunggulan hardskill dan lulusan yang berkarakter merupakan poin penting untuk mendapat pengakuan dari masyarakat (rumusan visi).

×