Kurikulum 2021

Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya mengembangkan kurikulum Teknik Elektro 2021 dengan misi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas yang menyeimbangkan hard-skill dan soft-skill dengan standar internasional.
  2. Menghasilkan lulusan dengan keunggulan soft-skill dan hard-skill terutama di bidang Intelligent Robotics, Wireless Communications, dan Biomedical Engineering.
  3. Menghasilkan penelitian dan penerapan ilmu dan teknologi di bidang Intelligent Robotics, Wireless Communications, dan Biomedical Engineering yang berkualitas dan berdampak signifikan dan positif bagi masyarakat dalam upaya mencapai pengakuan internasional.

Berdasarkan hasil tracer study, lulusan Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya telah bekerja di berbagai bidang usaha dan jasa, antara lain:

  • Engineer di berbagai perusahaan energi/kelistrikan, telekomunikasi, real estate, dan manufaktur.
  • System designer di perusahaan Home Automation, telekomunikasi, dan jasa otomasi industri.
  • Branch manager di perusahaan jasa telekomunikasi dan bank.
  • Dosen.
  • Peneliti.
  • Wiraswasta di bidang Teknik Elektro dan di luar bidang Teknik Elektro.

Pengembangan Kurikulum 2021 Teknik Elektro Universitas Surabaya

Proses pengembangan kurikulum Teknik Elektro Universitas Surabaya mulai dari Kurikulum 2015 sampai dengan Kurikulum 2020 dilakukan dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah, kebijakan universitas, kebijakan fakultas, tracer study alumni dan industri, kajian trend teknologi ke depan, serta evaluasi diri program studi. Semua proses pengembangan kurikulum tertulis dalam laporan pengembangan kurikulum prodi Teknik Elektro Universitas Surabaya 2015 dan kurikulum 2020.

Pada tahun 2020, pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah mengesahkan Permendikbud no. 3 tahun 2020, yang menyatakan bahwa standar kompetensi lulusan atau capaian pembelajaran lulusan (CPL) dari lembaga pendidikan di Indonesia harus mengacu pada UU nomor 12 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), mulai dari CPL sikap, penguasaan pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Rumusan CPL sikap dan keterampilan umum tercantum dalam lampiran Permendikbud tersebut dan dapat ditambah oleh perguruan tinggi.

Program studi yang mempunyai CPL dengan level KKNI minimal 6 wajib menambahkan bentuk pembelajaran berupa penelitian, perancangan, atau pengembangan. Bentuk pembelajaran berupa pengabdian kepada masyarakat wajib ditambahkan pada program studi yang mempunyai CPL dengan level KKNI 6 – 8.

Kurikulum 2021 MBKM Teknik Elektro Universitas Surabaya

Sebagaimana tertulis pada Permendikbud tersebut, arahan Mendikbud yang dikenal dengan sebutan “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka” (MBKM) menyatakan bahwa perguruan tinggi dapat memberikan hak bagi mahasiswa (dapat diambil atau tidak) untuk secara sukarela mengambil bentuk pembelajaran di luar perguruan tinggi sendiri sebanyak 2 semester atau setara dengan 40 SKS dan dapat ditambah dengan mengambil bentuk pembelajaran di program studi yang berbeda di perguruan tinggi sendiri (home) sebanyak 1 semester atau setara dengan 20 SKS.

Berdasarkan arahan dari surat Keputusan Rektor no 274 tahun 2020, yang mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan No 3 Tahun 2020, maka Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya melakukan Revisi Kurikulum, dari Kurikulum 2020  menjadi Kurikulum 2021 MBKM Teknik Elektro Universitas Surabaya.

Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Intelligent Robotics

Prodi Teknik Elektro Universitas Surabaya

Peminatan Intelligent Robotics membentuk lulusannya untuk memiliki keahlian unggul dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan bidang elektro khususnya yang terkait erat dengan automation and control, dan mendesain solusi handal terkait dengan automation and control di era Revolusi Industri 4.0. Lulusan mampu mendesain sistem otomasi baik menggunakan PLC (Programmable Logic Controller), robot industri, HMI (Human Machine Interface), dan juga sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Lulusan juga mampu untuk mendesain sistem berbasis IoT (Internet of Things) dan database, dan melakukan analisis data yang diperoleh menggunakan data science dan machine learning.

Kompetensi Lulusan Intelligent Robotics

  • Mampu mengidentifikasi permasalahan bidang elektro khususnya yang terkait erat dengan automation and control.
  • Menganalisis kebutuhan-kebutuhan untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemukan, dan mendesain solusi handal terkait dengan automation and control yang diperlukan di era Revolusi Industri 4.0.
  • Mampu mendesain solusi handal era Revolusi Industri 4.0 seperti desain sistem otomasi baik menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) dengan segenap perangkat penunjangnya, robot industri, HMI (Human Machine Interface), dan juga sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition).
  • Mampu mendesain sistem berbasis IoT (Internet of Things) dan database.
  • Mampu melakukan analisis data menggunakan data science dan machine learning.
  • Mampu mengikuti perkembangan teknologi di bidang otomasi dan robotika.
Alur Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Intelligent Robotics Teknik Elektro Universitas Surabaya
Alur Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Intelligent Robotics Teknik Elektro Universitas Surabaya

Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Wireless Communications

Peminatan Wireless Communications membentuk lulusannya mempunyai kemampuan untuk melakukan analisis dan merencanakan, mendesain, dan merealisasikan infrastruktur untuk kebutuhan sistem telekomunikasi, dan sistem jaringan komputer. Lulusan mampu menggunakan peralatan, mendesain sistem, serta mengkonfigurasi dan melakukan optimasi pada perangkat dalam sistem jaringan seperti: LAN, WAN, Network Security, Internet, dan komponen penunjangnya. Semua itu didapatkan oleh mahasiswa program ini dalam mengikuti perkembangan teknologi dengan standar baru yang mengandalkan jaringan komputer dan komunikasi berkabel maupun nirkabel, seperti 5G, Artificial Inteligence (AI atau kecerdasan buatan) dan Internet of Things (IoT) dalam meningkatkan taraf kehidupan pada masa mendatang.

Kompetensi Lulusan Wireless Communications

  • Mampu melakukan analisis, merencanakan, mendesain, dan merealisasikan infrastruktur sistem telekomunikasi.
  • Mampu melakukan analisis, merencanakan, mendesain, dan merealisasikan infrastruktur sistem jaringan komputer.
  • Mampu menggunakan peralatan, mendesain sistem, mengkonfigurasi dan melakukan optimasi pada perangkat dalam sistem jaringan seperti: LAN, WAN, Network Security, Internet, dan komponen penunjangnya.
  • Mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan standar baru yang mengandalkan jaringan komputer dan komunikasi berkabel maupun nirkabel, seperti 5G, Artificial Inteligence (AI atau kecerdasan buatan) dan Internet of Things (IoT).
Alur Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Wireless Communications Teknik Elektro Universitas Surabaya
Alur Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Wireless Communications Teknik Elektro Universitas Surabaya

Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Biomedical Engineering

Peminatan Biomedical Engineering membentuk lulusannya memiliki keahlian unggul dalam mengidentifikasi permasalahan bidang elektro biomedik khususnya yang terkait erat dengan biomedical imaging, dan therapeutic device, menganalisis kebutuhan – kebutuhan Health and Care terkini, serta mendesain solusi terkait dengan problem – problem biomedical equipment yang diperlukan di era Health and Care 4.0. Perancangan maupun penguasaan penggunaan peralatan monitoring kesehatan, pengembangan alat terapi fisik, maupun aplikasi mobile konsultasi kesehatan merupakan fokus keahlian lulusan Program Biomedical Engineering. Selain itu, lulusan juga memiliki kemampuan beradaptasi dan easy-to-learn setiap teknologi biomedis yang baru.

Kompetensi Lulusan Biomedical Engineering

  • Mampu mengidentifikasi permasalahan bidang elektro biomedik khususnya yang terkait erat dengan biomedical imaging dan therapeutic device.
  • Mampu menganalisis kebutuhan – kebutuhan Health and Care terkini.
  • Mampu mendesain solusi terkait dengan problem – problem biomedical equipment yang diperlukan di era Health and Care 4.0.
  • Mampu menggunakan dan mendesain peralatan monitoring kesehatan, alat terapi fisik.
  • Mampu merancang aplikasi mobile konsultasi kesehatan.
  • Mampu beradaptasi dan easy-to-learn pada perkembangan teknologi biomedis yang baru.
Alur Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Biomedical Engineering Teknik Elektro Universitas Surabaya
Alur Kurikulum 2021 MBKM Peminatan Biomedical Engineering Teknik Elektro Universitas Surabaya
×