Pelatihan Modul Servo Industri

Pada 11 April 2022 kemarin, Teknik Elektro Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan sebuah pelatihan Modul Servo industri yang digunakan pada Industri. Pelatihan ini diadakan oleh Teknik Elektro dan berkolaborasi dengan PT. Handal Yesindo Sejahtera. Di mana, pelatihan ini dimulai pada pukul 9 pagi, dan dimulai dengan perkenalan singkat dari Bapak Michael selaku pembicara dari PT. Handal. 

Pelatihan Modul Servo Industri

Beliau memulai materi dengan menjelaskan mengenai apa itu PLC, dan apa fungsinya di dunia industri. PLC sendiri adalah suatu rangkaian yang dirancang untuk menggantikan suatu rangkaian relay sequensial dalam suatu sistem kontrol. Selain dapat di program, PLC juga dapat dikendalikan, dan dioperasikan oleh pengguna yang tidak memiliki pengetahuan di bidang komputer secara luas. Dan PLC yang dijelaskan oleh Bapak Michael adalah PLC dengan merk Panasonic tipe FP-X C30T. Beliau juga memberi info tambahan mengenai daya yang dipakai oleh PLC yaitu sebesar 220V AC dengan 1 phase.

Selanjutnya beliau menjelaskan mengenai bagian-bagian lain seperti di bagian depan modul servo tersebut, terdapat linear guideway yang berfungsi sebagai penggerak dari length pointer sebagai penunjuk jarak. Linear guideway sendiri terdiri dari rail block sebagai jalur lintasan, dan linear motion block sebagai dasar tumpuan dari length pointer agar dapat bergerak sesuai yang diinginkan. Length pointer juga dipasangi 2 buah timing pulley yang terhubung dengan motor servo, dan dihubungkan menggunakan timing belt. Lalu, Bapak Michael lanjut menjelaskan secara singkat mengenai Servo driver & motor dengan merk Panasonic tipe Minas A6. Driver ini dikatakan mampu mengontrol motor servo dengan daya 200W, di mana hal itu membuat motor yang digunakan juga dengan daya yang sama besar.

Pelatihan Modul Servo Industri

Setelah beberapa penjelasan singkat mengenai materi tadi, Bapak Michael memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk mencoba modul servo yang ada. Di samping sesi praktik tersebut, beliau juga memberi info apa saja yang pada HMI (Human Machine Interface), seperti Target mode screen yang berisi beberapa fitur yaitu Target speed yang berfungsi untuk mengatur kecepatan dari motor, dan menggerakkan length pointer menuju suatu titik yang ditentukan oleh Target value. Ada pula Acceleration/Deceleration time yang berfungsi untuk mengatur durasi percepatan konstan motor dari kondisi berhenti hingga bergerak, maupun sebaliknya. Selanjutnya ada juga Homing position yang berfungsi sebagai perintah untuk kembali ke titik semula, yang bisa diatur juga di Homing position. Ada pula Damping yang berfungsi menstabilkan pergerakan length pointer. Dan beberapa tombol lain seperti Start, Stop, Servo ON, Reset alarm, dan Jogging mode. Dalam Jogging mode, HMI akan menampilkan beberapa tombol seperti Servo ON, Turn left & Right, Position Value, Reset Alarm, dan tombol untuk kembali ke Target mode.

Pelatihan Modul Servo Industri

Semua peserta turut serta berperan aktif dalam pembelajaran tersebut, terutama dalam sesi praktik dan uji coba. Tak terasa beberapa waktu telah dilewati, dan tiba penghujung dari Pelatihan Modul Servo Industri dari PT. Handal Yesindo Sejahtera. Karena pelatihan akan berakhir, maka seluruh acara ditutup dengan dokumentasi bersama baik perwakilan dari PT. Handal, maupun peserta dari Teknik Elektro Universitas Surabaya dan juga Dosen pembimbing. Pelatihan ini dapat dikatakan menarik, karena dapat menambah ilmu dan wawasan para peserta bagi pekerjaan dan mesin-mesin di dunia industri. Jika berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Modul Servo Industri tadi, dapat menghubungi Contact Person yang telah disediakan.

×