Wireless Communications

Wireless Communications

Wireless Communications atau Teknologi komunikasi tanpa kabel (nirkabel) telah memungkinkan untuk menghubungkan koneksi miliaran orang ke Internet sehingga mereka dapat mengambil manfaat dari sisi ekonomi secara digital saat ini. Hampir setiap sektor kehidupan sekarang ini bergantung pada teknologi komunikasi nirkabel ini, mulai dari jejaring sosial, perekonomian, perbankan, transportasi hingga layanan – layanan untuk kebutuhan sehari – hari (belanja, pembayaran, kesehatan).

Hal utama dan penting yang didapatkan dari komunikasi nirkabel adalah mobilitas, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaan. Inilah yang membuat perangkat nirkabel seperti smartphone semakin variatif dan semakin dibutuhkan oleh masyarakat dalam berkomunikasi, bertransaksi di mana saja, dan kapan saja dengan kinerja yang sangat tinggi. Perangkat – perangkat nirkabel ini yang didalamnya termasuk: Cellular Phone (smartphone), Radio Transceiver, Remote Sensing, Remote Control, Radio Receiver, TV, GPS (Global Positioning System), Wireless Modem, Microwave, dan Satellite memungkinkan akses ke sumber informasi melalui Internet dari mana saja kapan saja di dunia sesuai dengan aplikasi penerapannya. Sistem komunikasi nirkabel menggunakan Gelombang Elektromagnetik, seperti: Radio Frequency (RF), WiFi, Bluetooth, RFID, Inframerah (IR), Microwave, atau jenis gelombang lainnya sebagai pengganti kabel untuk mengirimkan sinyal, data dan informasi.

Pada Program Wireless Communications ini mahasiswa dibekali dengan mata kuliah dasar yang terkait dengan infrastruktur jaringan komputer seperti: Computer Network, Computer Network Management, Optical Communication Design, dan infrastruktur jaringan telekomunikasi seperti: Cellular Communication, Wireless System Design, RF Circuit and Antenna, serta mata kuliah penunjang terkait seperti: Mobile Device Application Design, Network Security, WAN, Microcontroller and Sensors, Wireless Sensor Network, dan mata kuliah pilihan lainnya.

Dengan adanya teknologi komunikasi yang terus berkembang dan teknologi dengan standar baru yang mengandalkan jaringan komunikasi nirkabel, seperti 5G, Artificial Intelligence (AI atau kecerdasan buatan), dan Internet of Things (IoT) sangat menjanjikan dan meningkatkan taraf kehidupan manusia pada kecepatan dan skala yang sangat cepat pada masa mendatang.

Kompetensi Lulusan Wireless Communications, Elektro Ubaya

Lulusan mempunyai kemampuan untuk melakukan analisis dan merencanakan, mendesain, dan merealisasikan infrastruktur untuk kebutuhan sistem telekomunikasi baik hardware maupun software, dan sistem jaringan komputer baik yang menggunakan wired link maupun wireless serta protocol – protocol, dan standar – standar untuk paket informasi pada link computer network dan telecommunication device seperti: Switch, Router, FO Splicer, OTDR, Access Point, Digital PABX, VoIP, BTS, Transceiver, Antenna.

Lulusan program ini juga mampu melakukan konfigurasi, optimasi pada perangkat dalam sistem jaringan seperti: LAN, WAN, Network Security, Internet dan komponen penunjangnya (DNS, DHCP, IP Routing, HTTP, VPN, Email Routing, VLAN). Semua itu didapatkan oleh mahasiswa program ini dalam mengikuti perkembangan teknologi dengan standar baru yang mengandalkan jaringan komputer dan komunikasi berkabel maupun nirkabel, seperti 5G, Artificial Inteligence (AI atau kecerdasan buatan) dan Internet of Things (IoT) dalam meningkatkan taraf kehidupan pada masa mendatang.

Bidang Pekerjaan Lulusan Wireless Communications

Lulusan Program Wireless Communications mempunyai bidang pekerjaan yang sangat luas. Semua bidang pekerjaan yang terkait dengan sistem jaringan komputer dan telekomunikasi dapat dilakukan untuk semua jenjang pekerjaan dan untuk diterapkan di semua sektor industri yang terkait seperti: Wireless Network Engineer, Computer Network Advisor, Telecommunication Engineer, Peneliti (Researcher), Scientist, Technical Support, IT Network Manager, dan masih banyak lagi, serta dapat digunakan sebagai sarana untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi seperti: Master (S2) dan Doctoral (S3) di bidang teknik umumnya dan pada teknik elektro khususnya

Alur Peminatan Wireless Communications

Alur Peminatan Wireless Communications

×