Solar Panel Bantu Nelayan

Teknik Elektro Ubaya dan IKA UBAYA

Sumbangkan Sistem Solar Panel Bantu Nelayan

Tambak Wedi Surabaya

Tahukah kalian mengenai Pengabdian pada Masyarakat (PPM)? PPM sendiri adalah salah satu poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, di samping Pendidikan dan Pengajaran, serta Penelitian dan Pengembangan. Secara singkat, Teknik Elektro Universitas Surabaya (Ubaya) pernah melakukan PPM dengan membuat kegiatan solar panel bantu nelayan di Kaki Jembatan Suramadu, yang berlokasi di Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya. http://te.ubaya.ac.id/solar-panel-nelayan-tambak-wedi/

solar panel bantu nelayan

Dan pada 23 April 2022 kemarin, Teknik Elektro kembali mengunjungi Kelompok Nelayan tersebut. Dengan menambah 5 sistem solar panel, di 5 perahu milik Nelayan Tambak Wedi, Surabaya. Kegiatan ini dilakukan dengan guna membantu menerangi para nelayan secara maksimal agar mampu mendapatkan ikan lebih lagi sebagai bahan pangan seluruh masyarakat Surabaya. Ide untuk membuatkan solar panel di perahu ini datang dari masalah yang tentu sering dialami para nelayan. Ada beberapa nelayan yang masih memakai penerangan yang lumayan redup, ketika menangkap ikan di malam hari. Alhasil, mereka selaku nelayan mengalami kesulitan mendapatkan ikan, bahkan sampai rentan terkena duri ikan yang tajam. Dan juga, aki yang digunakan selalu harus diisi ulang saat mereka pulang ke rumah.

Kalau begitu terus, kasihan nelayannya harus bolak-balik isi aki saat kerja. Nah, akhirnya kita membuat sistem pengisian aki otomatis menggunakan solar panel. Sehingga, saat perahu nelayan parkir di pantai, aki dapat terisi dan dapat digunakan untuk menyalakan lampu di perahu saat malam tanpa perlu bawa pulang aki.” jelas Hendrawan Herman, Mahasiswa prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik angkatan 2018. Solar panel yang dirancang ini, dapat menyala otomatis ketika malam hari. Dan para mahasiswa yang terlibat memasang solar panel ini, menggunakan panel dengan spesifikasi 50 Wp (WattPeak) dan aki 32 AH ini, dirasa cukup efektif untuk menyalakan lampu lebih terang, dan lampu dapat menyala dari senja sampai subuh. 

Mustofa selaku Ketua Umum Kelompok Nelayan Kelurahan Tambak Wedi pun mengatakan bahwa, adanya bantuan solar panel ini sangat dirasakan manfaatnya oleh nelayan. “Kata teman-teman nelayan, nyala lampunya sangat terang, dan sangat membantu ketika menangkap ikan di malam hari, daripada pakai aki biasa. Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dari Ubaya yang telah memberikan bantuan ini.” ungkapnya. 

Rasa saling membantu bagi sesama inilah yang diinginkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ini. “Untuk mahasiswa Teknik Elektro harus terus menggunakan ilmunya, untuk menciptakan inovasi yang berguna bagi masyarakat.” kata Bapak Susilo. Oleh karena itu, Teknik Elektro Ubaya selalu ingin melakukan PPM, salah satunya pada Nelayan di Tambak Wedi, Surabaya. Yang mana, perancangan prototype dimulai pada April 2021, di bawah arahan Bapak Susilo Wibowo, S.T., M.Eng. selaku Ketua Prodi Teknik Elektro Universitas Surabaya. 

Diharapkan dari terpasangnya beberapa solar panel ini dapat membantu meningkatkan taraf hidup nelayan di Tambak Wedi, Surabaya. Apakah para readers merasa tergugah, dan ingin membantu sesama juga? Atau ingin bekerja sama dengan Teknik Elektro Ubaya, agar dapat membantu yang sedang butuh? Jika berminat dapat menghubungi Contact Person yang tersedia. 

×