IoT Mechatronics Games Teknik Elektro Universitas Surabaya

iMECHATEUS

Teknik Elektro Universitas Surabaya

IoT Mechatronics Games Teknik Elektro Universitas Surabaya atau yang lebih dikenal dengan nama iMECHATEUS, adalah suatu ajang bergengsi di tingkat nasional. Dimana para peserta yaitu siswa maupun siswi SMA/SMK Sederajat se-Indonesia, bersaing dalam lomba, dan games di bidang Mekatronika Iot. Mereka bersaing memperebutkan gelar juara, dengan total hadiah hingga puluhan juta rupiah, serta beasiswa untuk melanjutkan studi di Teknik Elektro Universitas Surabaya. Dan di tahun 2021 ini, iMECHATEUS memiliki tema yaitu IMETION atau Iot Mechatronics Digitalization, dengan tagline INNOVATION AND EXPANSION OF MECHATRONIC FOR A BETTER WORLD.

Bercerita mengenai iMECHATEUS, Mecha sebagai maskot acara kali ini memiliki suatu kisah dimana dia adalah seorang commander, yang bertugas untuk melindungi Bumi dari serangan para monster raksasa di luar angkasa. Mecha memiliki Rangers untuk melindungi Bumi, dimana Rangers diminta untuk membantu membuat robot raksasa, dan dapat dikendalikan dengan aman agar mampu mengalahkan para monster. Namun, untuk membuat robot tersebut, Mecha mengerahkan seluruh Rangers untuk mengumpulkan komponen dan alat-alat yang dibutuhkan. Di samping itu, kekuatan para monster yang juga semakin bertambah untuk menaklukan, dan mendirikan kerajaannya di Bumi. Apakah para Rangers mampu menyelesaikan misi tersebut? Apakah para Rangers mampu melewati rintangan demi rintangan? Ikutilah kisah Mecha Sang Commander di Acara iMECHATEUS.

Pagelaran Acara iMECHATEUS

Teknik Elektro Universitas Surabaya

Acara ini diadakan secara on-line pada tanggal 18 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2021, ditemani dengan 3 macam pelatihan. Berbeda dengan MEGACON-U yaitu Mechatronics Games & Contest Universitas Surabaya, yang diadakan secara off-line yang berlokasi di 2 tempat yaitu Kampus Universitas Surabaya Jl. Raya Kalirungkut, dan Ubaya Training Center Trawas. MEGACON-U dilakukan selama 2 hari yaitu pada 23 dan 24 Februari 2019, dengan sesi Lomba dan Rally Games.

Pelatihan IOT Online Teknik Elektro Universitas Surabaya

Di iMECHATEUS, pelatihan pertama diadakan pada 5 Juli, dilanjutkan dengan pelatihan kedua yang diadakan pada 13 Juli, dan pelatihan ketiga pada 23 Juli 2021. Di dalam pelatihan tersebut, sangat banyak materi yang diperoleh oleh para peserta, diantaranya mengenai dasar elektro, dan perancangannya melalui Tinkercad, ada juga pembelajaran mengenai pemrograman rangkaian dan aplikasi Android, serta mempelajari jaringan komputer.

Pada pelatihan pertama, peserta diberikan materi yang membahas mengenai dasar elektro menggunakan website Tinkercad. Mengapa menggunakan Tinkercad? Karena UI nya menarik, dan sangat mudah untuk menggunakannya. Selain itu, komponen yang disediakan juga lengkap, jadi cocok untuk pembelajaran dasar elektro dan simulasinya. Dilanjutkan dengan materi yang membahas topologi jaringan menggunakan software Cisco Packet Tracer. Cisco mampu mensimulasikan jaringan secara sederhana maupun kompleks di berbagai perangkat, serta mampu membuat pengalaman dari simulasi menjadi mirip dengan pengalaman dunia nyata.

Selanjutnya pada hari kedua, dengan materi pembuatan aplikasi menggunakan MIT App Inventor, karena MIT App Inventor adalah pemrograman visual yang intuitif yang sangat memungkinkan untuk semua orang bahkan anak-anak, mengembangkan atau membuat suatu aplikasi yang berfungsi penuh untuk gawai dengan sistem Android. MIT App Inventor sangat mudah digunakan, terlebih lagi program yang berbasis blok mampu memperlihatkan intelektual, dan kreatifitas bagi para pembuatnya. Selain itu, peserta juga mendapatkan materi mengenai mikrokontroler ESP32 yang akan digunakan pada waktu lomba. Dengan beberapa sensor tambahan dan aktuator, serta pembelajaran melalui program dan software Arduino IDE. Trainer MIT App Inventor kali ini adalah Ibu Rafina selaku Dosen Teknik Elektro Universitas Surabaya.

Lalu pada hari ketiga, panitia selaku pembawa materi, menjelaskan serta mengajari bagaimana cara menghubungkan semua materi selama pelatihan pertama dan kedua, agar bisa diimplementasikan pada bidang elektro. Panitia menjelaskan bagaimana cara untuk mengintegrasikan MIT dengan ESP32 menggunakan protokol HTTP, dan melakukan suatu perintah melalui gawai tersebut agar alat bisa bergerak sesuai dengan perintah yang diberikan.

Pada pelatihan iMECHATEUS kali ini, para peserta diminta untuk membuat suatu alat dengan tema Automation, menggunakan alat dan komponen serta pengetahuan yang telah diberikan oleh panitia secara gratis selama masa pelatihan. Ditengah pelatihan, mereka secara berkelompok diwajibkan untuk merekam pengerjaan alat tersebut, dengan 3 kategori. Kategori video pertama, diberikan pada 20 Juli 2021, berisikan tentang konsep alat yang akan dibuat nantinya. Kategori video kedua, pada tanggal 30 Juli 2021, berisikan mengenai proses pembuatan alat. Dan kategori video ketiga, tanggal 13 Agustus 2021, berisi tentang hasil dari alat yang telah dibuat.

Lalu pada lomba iMECHATEUS sendiri, dilakukan dalam 3 babak dengan 3 hari pelaksanaan, ditemani oleh para juri terbaik, yaitu Dosen Teknik Elektro Universitas Surabaya. Babak pertama dinamakan Assemble, dimana para peserta secara berkelompok diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan panitia, dan dilanjutkan dengan sesi pengerjaan membuat rangkaian elektronika menggunakan website Tinkercad.

Selanjutnya babak kedua atau Link, adalah babak dimana peserta diminta merancang suatu rangkaian elektronika menggunakan program di web Tinkercad, serta merancang topologi jaringan menggunakan software Cisco Packet Tracer yang telah diajarkan selama pelatihan. Lalu babak ketiga yaitu babak final diikuti oleh beberapa tim yang memiliki nilai terbaik, dan mereka akan mempresentasikan hasil kerja mereka di depan para juri, serta mendemonstrasikan proyek mereka, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang panas dan diakhiri dengan penilaian untuk proyek peserta.

Penilaian dilakukan oleh para juri, serta menggabungkan dengan nilai para peserta selama pelatihan. Dan pada akhirnya, nama-nama yang berhasil memenangkan perlombaan pun dibacakan, dengan nominasi Juara III atas nama Tim DHUHAYU, dan Tim Stema 68 sebagai Juara II, dimana kedua tim berasal dari sekolah yang sama yaitu SMKN 1 Singosari. Lalu tim yang menduduki Juara I dan memperoleh hadiah utama adalah Tim HURRAY, berasal dari SMA Santo Carolus Surabaya.

Semua runtutan acara tersebut diselingi dengan games yang berhadiah hingga jutaan rupiah, hal itu membuat antusiasme peserta meningkat, dan akhirnya acara pun berakhir dengan bahagia. Kepada para pemenang, kami semua mengucapkan selamat atas kemenangannya, dan bagi yang belum menang jangan bersedih hati karena kalian telah mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih. Oleh karena itu, apakah kalian setuju untuk diadakannya iMECHATEUS 2.0 oleh Teknik Elektro Universitas Surabaya tahun depan?

Contributor: Joko Rinto mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya.

×