Sistem Solar Panel untuk Kelompok Nelayan Tambak Wedi – Program Pengabdian Pada Masyarakat

Program PPM Teknik Elektro

Universitas Surabaya

Berlatar belakang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari 3 poin, yaitu: (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian dan Pengembangan, dan (3) Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Ketiga hal tersebut merupakan suatu tanggung jawab yang diemban bersama oleh semua elemen di Perguruan Tinggi Universitas Surabaya. Tidak hanya diemban oleh mahasiswa saja, semua yang tergabung dalam akademi memiliki tanggung jawab yang sama.

Secara singkat, Pendidikan dan Pengajaran adalah sebuah usaha yang harus dilaksanakan secara sadar serta terencana. Tujuan dari pendidikan tersebut tentu saja demi mewujudkan sebuah lingkungan belajar serta proses pembelajaran yang bermutu. Supaya mampu menuntut ilmu dan dapat mengembangkan beberapa potensi dalam diri masing-masing. Poin kedua adalah tentang Penelitian dan Pengembangan yang juga perlu dipahami. Mahasiswa serta budaya yang ada di suatu universitas harus berlandaskan pada penelitian serta pengembangan. Tujuan utamanya agar kampus mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia yang sempurna dalam perkembangan akal budinya, tajam dalam menganalisis, serta mempunyai daya cipta, dan haruslah tidak sekadar bekerja pada karir yang dipilih.

Selanjutnya adalah Pengabdian pada masyarakat, poin ini bisa dikatakan sebagai suatu program, atau kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas, tanpa mengharapkan imbalan apapun. Tujuannya adalah turut serta berkontribusi aktif bagi masyarakat Indonesia, dengan memberi solusi dari permasalahan yang ada sebagai pengembangan profesionalisme yang telah didapat pada bangku perkuliahan. Serta didukung dengan metode penerapan yang bersifat Workflow membuat sinergi dari seluruh pihak dan stakeholder sangatlah dibutuhkan agar hasil yang diinginkan dapat tercapai. 

Program Alumni Teknik Elektro Universitas Surabaya

Sehubungan dengan pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat, kami selaku Ikatan Alumni Fakultas Teknik Prodi Teknik Elektro Universitas Surabaya, di bawah Komisariat Teknik IKA UBAYA sebagai profesional muda mencoba membantu meningkatkan taraf hidup warga Kota Surabaya, khususnya daerah pinggiran kota dengan mata pencaharian adalah sebagai nelayan ikan. Kami bermaksud untuk mengimplementasikan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi di dunia nyata, dengan terkhusus pada peningkatan mutu penghasilan nelayan tersebut. Berawal dari pola pikir ingin meningkatkan taraf hidup nelayan karena telah berperan dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya, kami berusaha membantu dengan memberikan solusi guna mengoptimalkan hasil tangkapan para nelayan untuk mendapatkan ikan pada malam hari.

Diskusi Awal PPM Alumni Teknik Elektro Universitas Surabaya

Kegiatan ini dimulai sejak 10 April 2021, yang diawali dengan diskusi dalam rangka mematangkan ide dan tujuan tersebut, bersama dengan Kelompok Nelayan Kaki Jembatan Suramadu, yang berlokasi di daerah Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya. Dan kegiatan ini bersifat volunteer, dimana para relawan adalah para Alumni, bersama Civitas Akademika yang berasal dari Fakultas Teknik Prodi Teknik Elektro Universitas Surabaya. Proyek kali ini yang kami buat adalah implementasi Solar Panel System, yang berguna untuk menerangi nelayan saat menangkap ikan di malam hari. Dengan estimasi total sebanyak 4 kelompok nelayan, dengan perkiraan awal per kelompok terdiri dari 50 perahu. Ini artinya, total keseluruhan adalah sebesar 200 perahu nelayan, dengan BoQ sebesar Rp. 2.500.000,- per perahu yang dimiliki oleh 1-2 kepala keluarga.

Diskusi bersama Nelayan

Persiapan Sistem Solar Panel di Lab Teknik Elektro Universitas Surabaya

Selanjutnya adalah tahap mempersiapkan peralatan panel surya. Peralatan panel surya dirancang di Lab Teknik Elektro Universitas Surabaya pada tanggal 27 April – 21 Mei 2021. Secara sederhana, cara kerja panel surya adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah aki. Dengan demikian, sistem bisa berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan, karena telah di charge by system. Selain aman untuk habitat laut karena tidak ada minyak yang tersebar, biaya untuk membeli BBM pun bisa dihemat dan gunakan untuk hal yang berguna lainnya. Tentu saja dengan hasil akhir dapat membuat taraf hidup para nelayan sedikit demi sedikit meningkat.

Rancang Sistem Solar Panel di Laboratorium Teknik Elektro Ubaya

Dan mulai Bulan Agustus kemarin, dana yang terkumpul berasal dari solidaritas para Alumni dan Fakultas Teknik Universitas Surabaya, telah dipasangkan 3 buah panel surya di 3 perahu, dan akan terus bertambah. Semoga target solar panel system terpasang sebanyak 200 perahu nelayan dapat segera tercapai. 

Semua kegiatan tersebut dilakukan oleh tim khusus, yang telah terstruktur sebagai berikut:

  1. Project Director :  Susilo Wibowo, S.T., M.Eng. (Ketua Program Studi Teknik Elektro Ubaya)
  2. Technical Expert :  Elieser Tarigan S.Si., M.Eng., Ph.D. (Dosen Teknik Elektro Ubaya)
  3. Manager Project :  Redy Wibisono, S.T. (Alumni Teknik Elektro Universitas Surabaya)
  4. Koordinator Nelayan:  Bpk. Sueb (Koordinator Kelompok Nelayan Tambak Wedi)
  1. Ass. Manager Project :  Liauw Leo Hasan, S.T. (Alumni Teknik Elektro Ubaya)
  2. Project Team :
    1. Arya Taufiqurrohman, S.T. (Alumni Teknik Elektro Ubaya)
    2. Arbil Yodinata, ST (Alumni Teknik Elektro Ubaya)
    3. Fatkhor Rozi, ST (Alumni Teknik Elektro Ubaya)
    4. Hendrawan Herman (Mahasiswa Teknik Elektro Ubaya)
    5. Alan Emilio Admaja (Mahasiswa Teknik Elektro Ubaya)
    6. Alif Gibran RD (Mahasiswa Teknik Elektro Ubaya)
    7. Fabian Darryl Enrico (Mahasiswa Teknik Elektro Ubaya)
    8. Ferdinan Bagastama (Mahasiswa Teknik Elektro Ubaya)
    9. Bilton Feinenz Imkotta (Mahasiswa Teknik Elektro Ubaya)

Foto-foto PPM bersama Nelayan:

Lunch setelah implementasi

Contributor 1: Redy Wibisono, Alumni Teknik Elektro Universitas Surabaya.

Contributor 2: Joko Rinto, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya.

×