Robotic Technology for Industry 4.0

Robotic Technology for Industry 4.0

Pada dasarnya semua orang pasti ingin bekerja dengan santai, bekerja dengan effort sedikit namun hasil yang memuaskan, buah pemikiran tersebut sungguh indah jika benar-benar menjadi sebuah realita. Tapi, hal itu diam-diam sudah kita lakukan loh! Buktinya jika kita lihat beberapa perusahaan besar, mereka banyak mempekerjakan Robot dengan Sistem Otomatisasi. Bahkan kita pasti pernah mendengar pernyataan “Robot akan mencuri pekerjaan kita!”, tentu hal tersebut lambat laun akan benar terjadi jika kita tidak bisa mengikuti atau bahkan memprediksi arus dari Robotic Technology for Industry 4.0 saat ini.

Di Teknik Elektro Universitas Surabaya (TEUS), peminatan Intelligent Robotics telah membekali mahasiswanya dengan Ilmu Robotika di bangku perkuliahannya. Dalam ilmu robotika, banyak hal yang akan dipelajari seperti mendesain sistem berbasis IoT (Internet of Things) dan database, mempelajari penggunaan PLC (Programmable Logic Controller), Robot Industri, HMI (Human Machine Interface), dan juga sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Serta, TEUS juga mengajarkan bagaimana melakukan analisis data yang diperoleh menggunakan data science dan machine learning, yang mana hal itu sangat penting dalam pembuatan sistem otomatisasi pada robot.

Robotic Technology for Industry 4.0

Salah satu alat yang dipakai dalam pembelajaran ilmu robotika di TEUS ialah Arm Robot UR3. Robot ini diarahkan untuk keperluan industri. Dengan memadukan teknologi pemrograman yang mudah, bersama dengan putaran sumbu yang tidak terbatas, serta pendeteksi gaya tekan yang sudah disempurnakan, UR3 sangat didesain menyerupai seorang ahli perakitan yang sudah profesional. Dari gerakan seperti mengambil, menaruh, merakit, robot ini sangat membantu pekerja industri untuk membuat hasil akhir produk yang konsisten dan dijamin berkualitas tinggi. Saking canggihnya, UR3 pernah dikatakan dapat menduplikasi dirinya sendiri. Namun, di balik kecanggihannya itu, robot UR3 ini tetap memiliki dimensi yang kecil dan portable yang diarahkan untuk penggunaan pada industri kecil hingga menengah.

Robotic Technology for Industry 4.0

Jadi dapat dilihat bahwa lulusan dari Teknik Elektro Universitas Surabaya (TEUS) mampu bertahan, bahkan mampu bersaing di tengah gempuran canggihnya teknologi robot saat ini. Oleh sebab itu yuk kita sama-sama belajar, agar kita tidak kalah dengan kecanggihan teknologi yang ada. Karena pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI juga sudah mengakui bahwa saat ini persaingan antara pekerjaan menggunakan tenaga robot, dan tenaga manusia semakin sengit. Lalu apakah kalian para readers masih ragu untuk belajar ilmu robotika? Atau kalian sudah tertantang untuk bisa menguasai ilmu ini di era Robotic Technology for Industry 4.0? Mungkin kalo kalian ada pertanyaan bisa tanya langsung di Contact Person yang tersedia ya, see you.

Robotic Technology for Industry 4.0

×