Profil Jurusan

Profil Jurusan Teknik Elektro Ubaya

Program Studi Teknik Elektro adalah program strata S1 yang berada di naungan Fakultas Teknik, Universitas Surabaya. Program Studi ini memiliki Akreditasi “A” sejak tahun 1998,  sampai saat ini.

Teknik Elektro adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu elektro, teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, serta aplikasinya di dunia industri. Dengan definisi tersebut, ilmu yang dipelajari di Teknik Elektro dilengkapi dengan konsep dan teori serta penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian, lulusan Teknik Elektro Ubaya akan mampu beradaptasi di dunia industri, serta dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang elektro.

Akreditasi Teknik Elektro Universitas Surabaya

Program Studi ini didirikan pada 11 Oktober 1986, disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0729/0/1986. Pada tahun 2019, BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) mengeluarkan surat keputusan No. 2386/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019, dan kembali memberikan akreditasi “A” kepada Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya.

Selain terakreditasi “A” oleh BAN-PT, Teknik Elektro Ubaya juga terakreditasi provisional oleh IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). Kedua akreditasi tersebut menunjukan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Teknik Elektro Ubaya dilakukan secara berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten. 

Kurikulum Teknik Elektro Universitas Surabaya

Kurikulum Teknik Elektro Ubaya membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan ketrampilan di bidang Elektronika, Digital, Pemrograman Komputer, Jaringan Komputer, Teknologi komunikasi, Teknologi otomasi, Pemrograman IoT (Internet of Things), dan gadget. Mahasiswa juga dibekali dengan pendidikan karakter serta kemampuan berwirausaha (entrepreneurship) sehingga saat lulus, mereka sudah siap bersaing di dunia kerja. 

Teknik Elektro Ubaya mempunyai 2 peminatan:

  1. Telecommunication Network Design (TND). Klik di SINI untuk info lebih lanjut. 
  2. Industrial Robotic Design (IRD). Klik di SINI untuk info lebih lanjut. 
×