Peran Elektro Ubaya pada Penutupan Lustrum FT (Fakultas Teknik)

Teknik Elektro Mobile Legends Competition

TEUSian Exhibition:

IoT Demonstration, Android Programming Challenge,

and E-Sports Competition

Penutupan Lustrum Fakultas Teknik Ubaya berlokasi di Grand City Mall, diadakan tanggal 6 Juni – 11 Juni 2022. Pada kesempatan ini, peran Elektro Ubaya pada Lustrum FT dengan mengadakan pameran yang terdiri dari beberapa kegiatan.

Berikut TIGA kegiatan utama Elektro Ubaya dalam memeriahkan penutupan Lustrum Teknik.

  1. IoT (Internet of Things) final project demonstration mata kuliah Mikrokontroler dan Mobile Application Design.
  2. Android Programming Challenge
  3. E-Sports Competition: TE MoLeC (Teknik Elektro Mobile Legends Competition)

Kegiatan Demonstrasi IoT (Internet of Things), yang dikerjakan oleh seluruh Mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2020. IoT sendiri merupakan sebuah konsep yang dapat diartikan sebagai suatu sistem untuk menghubungkan beberapa perangkat, sehingga bisa melakukan transfer data serta dapat diakses juga melalui internet. Sistem IoT ini dipasangkan pada Ruang Dosen Teknik Elektro Ubaya, dengan mengintegrasikan beberapa sensor seperti Motion, Speed, Temperature, hingga Gas Sensor. Semua sensor ini disambungkan langsung oleh internet menggunakan NodeRed dashboard, yang merupakan sebuah tool berbasis browser serta menggunakan MQTT protocol sehingga dapat diakses dari manapun, dan kapanpun.

Terdapat juga demonstrasi mengenai aplikasi-aplikasi interaktif bagi banyak orang. Aplikasi ini dibuat oleh beberapa mahasiswa Teknik Elektro Ubaya, hasil dari proyek akhir mata kuliah Mobile Application Design. Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat menggunakan MIT App Inventor yang berbasis di smartphone Android. Beberapa aplikasi yang dibuat dengan banyak tujuan, di antaranya seperti games, penggunaan sensor pada smartphone, pengendali suatu alat menggunakan mikrokontroler, dan beberapa lainnya. Apakah kalian penasaran dengan aplikasi-aplikasi tersebut? Kalian bisa datang langsung ke lokasi dan mencoba aplikasi tersebut, dan ikuti Android Programming Challenge setelah berlatih sebentar membuat menggunakan MIT App.

Peran Elektro Ubaya: Lustrum FT

TEUS juga membuat sebuah ajang lomba E-Sports yaitu Teknik Elektro Mobile Legends Competition atau dikenal dengan nama TE MoLeC. Kompetisi ini diadakan bagi para pelajar SMP hingga SMA, di Surabaya dan sekitarnya. Lomba ini diadakan pada hari kedua pameran, yaitu pada Selasa, 7 Juni 2022. Kompetisi ini diadakan karena TEUS melihat bahwa E-Sports semakin banyak penggemarnya, dan hal ini membuat TEUS ingin menjadi salah satu bagian dari orang-orang yang memiliki passion E-Sports ini. Jika kalian masih SMP atau SMA, dan ingin mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam kompetisi ini. Kalian dapat mendaftar pada https://te.ubaya.ac.id/elektro-mobile-legends-competition/, daftarkan tim kalian dan menangkan hadiah hingga jutaan rupiah.

Teknik Elektro Mobile Legends Competition

Apakah kalian, ingin datang untuk melihat-lihat acara yang diadakan oleh Teknik Elektro Ubaya ini? Jika kalian ingin melihat-lihat bahkan mencoba apa yang kami para TEUSian ini tampilkan, kalian bisa datang langsung ke Grand City Mall, Surabaya. Sampai bertemu di Pameran Teknik Elektro Universitas Surabaya!!

×