Kurikulum 2015 teusian 11/10/2019

Kurikulum 2015 Teknik Elektro Ubaya

Kurikulum 2015 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang membekali mahasiswa dengan kompetensi dasar (kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang mencakup elektronika analog dan digital, mekanika, teknik tenaga listrik dan elektromagnetika) dan kompetensi spesifik sesuai bidang peminatan (hard skill dan soft skill).

Kompetensi tersebut dibangun melalui mata kuliah, praktek di laboratorium, dan kerja praktek atau magang ke perusahaan yang dikerjakan secara individu maupun kelompok. Bobot sks per mata kuliah dibuat besar (jumlah mata kuliah per semester tidak terlalu banyak dan rantai mata kuliah tidak terlalu panjang) sehingga mahasiswa bisa lebih fokus belajar maupun menyelesaikan proyek. Total beban studi sebanyak 144 sks dirancang untuk diselesaikan 8 semester (4 tahun) termasuk Tugas Akhir sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa.

Teknik Elektro Universitas Surabaya menggunakan kurikulum 2015 yang setiap 5 tahun sekali akan mengalami pembaruan dengan kebutuhan terkini.

Kurikulum Teknik Elektro Ubaya untuk IRD (Industrial Robotic Design)

Capaian Pembelajaran Lulusan Peminatan IRD
  1. Mampu menerapkan matematika dan ilmu pengetahuan dasar untuk memahami prinsip-prinsip keteknik-elektroan.
  2. Menguasai dasar rangkaian elektronika analog dan digital sehingga mampu melakukan eksperimen, pengambilan dan analisis data, serta dapat mengartikan data pengukuran dari rangkaian elektronika analog dan digital.
  3. Menguasai algoritma dasar dengan beberapa bahasa pemrograman, arsitektur komputer modern, piranti mikrokontroler, sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan terkini.
  4. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, mengidentifikasi masalah, dan mengembangkan jaringan komputer lokal.
  5. Mampu menerapkan pengetahuan matematika pada pemodelan sistem, sistem kendali, dan kecerdasan buatan untuk mendesain aplikasi robotika.
  6. Mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang sensor dan instrumentasi, pneumatik, dan bahasa pemrograman untuk merencanakan dan mendesain sistem otomasi yang dibutuhkan oleh industri.
  7. Menguasai sistem pemrosesan data atau informasi digital, mengolah, memanipulasi data digital, baik yang berasal dari sinyal digital maupun citra digital.
  8. Menguasai sistem ketenagalistrikan dan mesin listrik yang berguna dalam pengembangan energi terbarukan.
  9. Mampu mengelola pembelajaran mandiri serta dapat bekerja sama dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
  10. Mampu mendesain produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat mengkomunikasikan secara utuh dan efektif secara lisan dan tulisan.
Alur Kurikulum 2015 Peminatan Industrial Robotics Design

Alur Kurikulum 2015 Peminatan Industrial Robotic Design

Kurikulum Teknik Elektro Ubaya untuk TND (Telecommunication Network Design)

Capaian Pembelajaran Lulusan Peminatan TND
  1. Mampu menerapkan matematika dan ilmu pengetahuan dasar untuk memahami prinsip-prinsip keteknik-elektroan.
  2. Menguasai dasar rangkaian elektronika analog dan digital sehingga mampu melakukan eksperimen, pengambilan dan analisis data, serta dapat mengartikan data pengukuran dari rangkaian elektronika analog dan digital.
  3. Menguasai algoritma dasar dengan beberapa bahasa pemrograman, arsitektur komputer modern, piranti mikrokontroler, sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan terkini.
  4. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, mengidentifikasi masalah, dan mengembangkan jaringan komputer lokal, manajemen jaringan komputer, dan keamanan jaringan.
  5. Mampu menerapkan pengetahuan matematika pada pemodelan sistem, sistem kendali, dan kecerdasan buatan untuk melakukan optimasi jaringan telekomunikasi.
  6. Mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang teleponi, seluler, satelit dan serat optik untuk merencanakan dan mendesain sistem jaringan telekomunikasi sesuai kebutuhan industri saat ini.
  7. Menguasai sistem pemrosesan data atau informasi digital, mengolah, memanipulasi data digital, baik yang berasal dari sinyal digital maupun citra digital.
  8. Menguasai sistem ketenagalistrikan dan mesin listrik yang berguna dalam pengembangan energi terbarukan.
  9. Mampu mengelola pembelajaran mandiri serta dapat bekerja sama dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
  10. Mampu mendesain produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat mengkomunikasikan secara utuh dan efektif secara lisan dan tulisan.
Alur Kurikulum 2015 Peminatan Telecommunication Network Design

Alur Kurikulum 2015 Peminatan Telecommunication Network Design

%d bloggers like this: