Studi Ekskursi Teknik Elektro UBAYA ke PT Pura Barutama - Kudus dan

PT Geo Dipa Energi (Persero) - Dieng

 

            Pada tanggal 29 Januari 2017 – 1 Februari 2017, jurusan Teknik Elekro UBAYA mengadakan studi ekskursi ke beberapa perusahaan di Jawa Tegah yaitu PT Pura Barutama - Kudus dan PT Geo Dipa Energi (Persero) - Dieng serta mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di dataran tinggi Dieng yaitu Kawah Sikidang, Telaga Warna dan Bukit Sikunir. Studi ekskursi ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang gambaran dunia industri dan menghabiskan berlibur bersama untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Teknik Elektro UBAYA. Studi ekskursi kali ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa Teknik Elektro dari berbagai angkatan dan didampingi oleh 2 orang dosen.

            Pada tanggal 29 Januari 2017, peserta berkumpul pukul 22.00 WIB di Universitas Surabaya kemudian peserta berangkat menuju Kudus pukul 23.00 WIB. Sesampainya di RM Bambu Wulung Kudus pukul 06.00 WIB, peserta langsung bersih diri dan makan pagi. Pukul 08.00 WIB peserta menuju ke kantor pusat PT Pura Barutama.

 

DAY 1

peserta studi ekskursi pada kantor PT Pura Barutama

 

            PT. Pura Barutama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan (printing), proses lanjut kertas (converting), kemasan (packaging), rekayasa (engineering) dan masih banyak lagi. PT Pura Barutama yang berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah merupakan perusahaan terbesar kedua yang ada di kota Kudus. Sesampainya di kantor PT Pura Barutama, kontingen mahasiswa Teknik Elektro UBAYA disambut dengan hangat. Mahasiswa Teknik Elektro diajak berkeliling untuk melihat produk-produk yang diproduksi oleh PT Pura Barutama seperti kertas uang, hologram, batu ukir, kardus pengepakan, mesin pertanian dan masih banyak lagi. Setelah berkeliling, peserta studi ekskursi diajak masuk ke meeting room untuk melihat company profile dari PT Pura Barutama, sesi tanya jawab dan serah terima plakat dari Universitas Surabaya. Acara kunjungn industri di kantor PT. Pura Barutama berakhir pukul 11.30 WIB. Kemudian peserta studi ekskursi melanjutkan perjalanan menuju ke home stay yang ada di dataran tinggi Dieng dan sampai disana pukul 23.00 WIB.

 

DAY 2

peserta studi ekskursi pada PT. Geo Dipa Energi

 

            Kunjungan industri yang kedua yaitu di PT Geo Dipa Energi – Dieng. Peserta studi ekskursi sampai di kantor PT Geo Dipa Energi pukul 09.00 WIB. PT Geo Dipa Energi merupakan anak perusahaan dari PT PERTAMINA dan PT PLN. PT Geo Dipa Energi – Dieng merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi / Geotermal (PLTP). Dengan kontur pegunungan, sumber air panas serta bebatuan mengindikasikan bahwa dataran tinggi Dieng merupakan lokasi yang potensial untuk dikembangkan sebagai sumber energi panas bumi. Total potensi energi panas bumi di sekitar Dieng diperkirakan 400MW. PT Geo Dipa Energi – Dieng mengoperasikan proyek Dieng unit 1 dengan kapasitas 60MW, unit 2 dan unit 3 sebesar 55 MW yang terhubung ke jaringan Jawa-Madura-Bali melalui sistem interkoneksi. Sesampainya disana mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya diajarkan tentang cara kerja PLTP, K3, tantangan dan solusi yang dihadapi PLTP serta diajak berkeliling ke unit-unit PLTP Geo Dipa. Setelah kunjungan industri ke PT Geo Dipa – Dieng peserta studi ekskursi mengunjungi Kawah Sikidang dan Danau Telaga Warna.

 

DAY 3

peserta studi ekskursi pada bukit sikunir

 

            Pada pukul 4 dini hari, mahasiswa Teknik Elektro Univeritas Surabaya yang ingin pergi ke Bukit Sikunir mempersiapkan diri mendaki Bukit Sikunir untuk melihat matahari terbit. Kemudian pada pukul 7 pagi, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya yang mendaki kembali ke home stay. Pada pukul 9 pagi, mereka kembali pulang ke Surabaya dan sampai di Surabaya keesokan harinya pukul 4 dini hari.

 

            Fisca, salah satu peserta studi ekskursi angkatan 2015 mengatakan bahwa studi ekskursi kali ini tidak kalah menariknya dengan studi ekskursi sebelumnya yaitu ke pulau dewata Bali. Dia mendapat pengalaman, gambaran dan wawasan baru tentang PT Pura Barutama dan PT Geo Dipa. Dengan diadakannya studi ekskursi ini dia mempunyai referensi tempat bekerja setelah dia lulus nantinya. Selain itu, setelah mengikuti studi ekskursi ke dataran tinggi Dieng merupakan suatu kenangan manis tersendiri bagi Fisca karena selain bisa belajar dia dapat berwisata dengan keluarga besar Teknik Elektro UBAYA. 

 

 

 

Joomla Templates by Joomla51.com