Kuliah Tamu : Drive Test 3G UMTS

Kuliah Tamu Drive Test 3G UMTS

            Kamis, 24 November 2016 bertempat di ruang TND gedung TB 3.1 Fakultas Teknik Universitas Surabaya telah diadakan kuliah tamu tentang Drive Test 3G UMTS dari PT Fastel Sarana Indonesia. PT Fastel Sarana Indonesia merupakan perusahaan yang bekerja di bidang telekomunikasi.Bidang pelayanan PT Fastel Sarana Indonesia pada desain jaringan dan kebutuhan penyebaran seperti drive test, optimasi jaringan, BTS instalasi, CME konstruksi untuk mikro dan makro cell, dll.Kuliah tamu berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 WIB.

            Drive test merupakan salah satu bagian pekerjaan dalam optimasi jaringan radio. Tujuan drive test adalah mengumpulkan informasi jaringan secara real di lapangan. Informasi yang dikumpulkan merupakan kondisi aktual RF (Radio Frequency) di suatu BTS (Base Transceiver Station) yang pengukurannya dilakukan dengan bergerak, bisa menggunakan mobil (drive test) atau berjalan (walk test). Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan drive test antara lain peta digital, dougle HASP4, GPS, mobil, laptop dan ms sony ericsson k8001 yang sudah ditanami software drive test yaitu TEMS. UMTS merupakan singkatan dari Universal Mobile Telecommunication System. UMTS juga dikenal dengan teknologi WCDMA.

            Pada Kuliah Tamu Drive Test 3G UMTS, mahasiswa diajarkan tentang langkah-langkah untuk menyetting TEMS untuk drive test 3G/WCDMA. Parameter untuk drive test 3G dibagi menjadi 2 yaitu parameter untuk verifikasi data BTS dan parameter untuk verifikasi kualitas jaringan. Parameter untuk verifikasi data BTS yaitu cell id, UARFCN dan scrambling code. Parameter untuk kualitas jaringan pada WCDMA yaitu RSCP, Ec/No, CSSR, CCSR, DCR dan BCR.

            Kuliah tamu berjalan dengan lancar dan banyak pertanyaan yang datang dari mahasiswa yang mengikuti kuliah tamu. Setelah mengikuti Kuliah Tamu Drive Test 3G UMTS, mahasiswa mengerti bagaimana cara melakukan test drive yang benar dan akurat.

 

Joomla Templates by Joomla51.com