Teknik Elektro UBAYA Raih Juara 2 dalam Lomba Gagasan dan Rancang Kreatif Polinema 2016

 

Teknik Elektro UBAYA Raih Juara 2 dalam Lomba Gagasan dan Rancang Kreatif Polinema 2016

Kamis, 27 Oktober 2016 Jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya mengirimkan satu perwakilan tim yaitu tim Jacki TEUS untuk mengikuti Lomba Gagasan dan Rancang Kreatif yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Malang tahun 2016. Tim Jacki TEUS yang diwakili oleh Firman, Arif, Benedictus dan Iman adalah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Surabaya angkatan 2013. Dengan persiapan kurang lebih 1 bulan untuk pembuatan gagasan ide, penyusunan proposal dan presentasi, tim Jacki TEUS berhasil meraih peringkat kedua.

 Hasil rancangan tim Jacki TEUS yang membawa mereka menjadi peringkat kedua yaitu Jacki. Jacki adalah Smart Jacket Masa Kini Multifungsi. Keunggulan Jacki ini yaitu selain memiliki design yang fashionable si Jacki juga dilengkapi oleh beberapa fitur pendukung dari sisi kenyamanan dan keamanan. Mulai dari headset bluetooth yang terkoneksi dengan MP3 dan radio yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stress ketika di jalan dan juga mendapat informasi keadaan di jalan melalui radio. Lalu, ada cooling fan yang berjumlah 2 buah yang diletakkan di belakang jaket yang berfungsi untuk membantu sirkulasi udara di dalam jaket dan mengurangi rasa gerah dan badan yang berkeringat ketika berkendara di siang hari. Selain itu, ada smart sign (lampu sein) yang menggunakan led strip yang ditempelkan di bagian belakang pada jaket yang langsung terkoneksi dengan aplikasi jacki apps yang nantinya lampu sein akan menyala otomatis sesuai route map yang sudah ditentukan. Jacki juga dilengkapi dengan fasilitas charging di saku jaket. Sehingga ketika ada masalah low battery handphone di jalan dapat teratasi. Untuk mendukung kekontinuan cadangan supply device jaket ini dilengkapi juga oleh generator yang bisa menghasilkan listrik melalui energi angin yang berada di knalpot dan di bagian depan sepeda motor yang nantinya akan mencharge baterai / aki pada sepeda motor. Jadi semua device yang ada di jaket disupply oleh aki motor.

 Menurut Iman, yang menjadi kunci kesuksesan tim Jackie TEUS sehingga bisa meraih peringkat kedua yaitu setiap usaha yang dilakukan harus disertai dengan kesungguhan / totalitas. Namun ketika totalitas itu sudah dicapai maka selanjutnya totalitas tersebut disempurnakan dengan berdoa. Dan jangan menjadikan juara sebagai tujuan akhir, tetapi menjadikan juara hanya sebatas bonus dari usaha kita. Dan jangan pernah menganggap bahwa lawan lemah dan bahwa diri kita lemah juga, tetapi berpikirlah bahwa semua peserta memiliki potensi yang sama rata. Kesan Benedictus setelah mengikuti Lomba Gagasan dan Rancang Kreatif Polinema 2016 yaitu Ben merasa tertantang untuk mewakili Universitas Surabaya di pentas nasional, dia merasa bangga dan lega bisa membawa nama baik jurusan Teknik Elektro Universitas Surabaya dengan menjadi juara 2.

Joomla Templates by Joomla51.com