Kunjungan Elektro Ubaya ke PT. YTL JAWA TIMUR

dan AirNav Cabang Denpasar

“It’s awesome…. !! We Learn and Have Fun”

Pada tanggal 13-17 Januari 2016, Jurusan Teknik Elektro Universitas surabaya (UBAYA) melakukan kegiatan Kunjungan Industri ke beberapa perusahaan serta beberapa tempat wisata di Bali. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin jurusan, dimana tahun sebelumnya telah dilakukan kunjungan ke PT. Hartono Istana Teknologi (POLYTRON) dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai instansi yang dikunjungi . Pada kegiatan ini mahasiswa didampingi oleh 2 dosen teknik elektro yaitu  Bpk Susilo Wibowo dan Bpk Djuari.

Hari pertama peserta berkumpul di kampus UBAYA Tenggilis pada pukul 06.30  WIB  dan berangkat dari kampus pukul 07:15  tapi sebelumnya kami melakukan do’a bersama demi kelancaran perjalanan kami dan setelah itu bus yang kami gunakan pun berangkat dan tiba pada pukul 12:10  siang di RM Utama Raya untuk makan  siang sambil menunggu waktu kunjungan di PT YTL yaitu pada pukul 13:00.

Waktu kunjungan pun tiba dan kami diterima di ruang pertemuan yang berada di  Perumahan YTL IPMOMI Paiton Probolinggo untuk diberikan pengarahan terlebih dahulu mengenai pengenalan PT YTL, bagaimana proses produksi PT YTL untuk unit 5 & 6 hingga penanganan limbah dari hasil produksi. Setelah itu, mahasiswa diberikan demo  bagaimana cara melakukan kalibrasi untuk beberapa alat yang digunakan untuk produksi  dan juga bagaimana software dan cara mengoperasikan PLC yang digunakan.

Dan terakhir yang paling di tunggu-tunggu adalah kunjungan ke pabrik disana mahasiswa dapat melihat bagian Ash Plant, Coal Plant dan main Plant (CCR & DCS Room). Pada  saat kunjungan ke CCR dan DCS room, mahasiswa dapat melihat bagaimana alat-alat untuk proses produksi tersebut dapat dikontrol. Kunjungan Pun berakhir pada Pukul 17:10 dan  kami pun melanjutkan perjalanan ke lokasi yang terakhir yaitu di Bali.

Dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh, keesokan harinya pukul 22:00 WIB rombongan sampai di Pelabuhan Gilimanuk untuk menyeberang ke Pulau Bali dan tiba pada pukul 01:00 WITA. Sebelum melanjutkan kunjungan ke lokasi selanjutnya (AirNav Cabang Denpasar), di hari kedua peserta mendatangi tempat wisata Seperti Tanah Lot, Tanjung Benoa,  Dream Land dan Pantai Pandawa.

Hari ke – 3 peserta berangkat pukul 08:00 WITA menuju Air Nav Cabang DenpasarBali. Di sana  mahasiswa diantar memasuki ruang pusat kendali dan navigasi pesawat serta dijelaskan bagaimana para operator dapat mengatur lalu lintas di udara  dengan bantuan sebuah alat yang menyerupai computer dimana pada layar tersebut dapat diketahui semua pesawat yang saat itu berada pada wilayah tanggung jawab dari PT Air Nav Cabang Denpasar serta ketinggiannya. Disini terlihat para operator yang sibuk berkomunikasi dengan pilot pesawat sekaligus mengatur rute/jalur yang tersedia untuk pesawat yang akan landing ataupun take off. Selain itu Kami juga di jelaskan mengenai saluran transmisi yang digunakan serta alat-alat yang terhubung ke computer tadi yang harus berfungsi secara akurat. Akhirnya kunjungan pun selesai pada pukul 11:30 WITA. Selanjutnya peserta mendatangi tempat wisata Pantai Kuta.

Hari ke-4 peserta menyempatkan untuk membeli oleh-oleh di beberapa Pusat oleh-oleh di Bali seperti Cening Ayu, Joger Bedugul dan Peserta pun menyempatkan wisata di Danau  Beratan Bedugul. Setelah itu pada pukul 15:30  WITA peserta pun kembali ke Surabaya dan tiba pada pukul 04:00 WIB. Meskipun menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, Peserta terlihat sangat puas dengan Kunjungan Industri ini.

Joomla Templates by Joomla51.com